Masjid di Jogja dengan Menu Buka Puasa Istimewa

0
2481
ilustrasi buka puasa bersama

Sudah menjadi tradisi tersendiri masjid-masjid di Jogja menyediakan menu buka puasa gratis. Siapa yang mau menolak rejeki di Bulan Ramadhan. Bagaikan simbiosis mutualisme, si penyedia takjil mendapatkan pahala dari memberi makan orang yang berpuasa, orang yang berpuasa mendapatkan makanan gratis dari si penyedia. Apalagi Jogja dikenal dengan Kota Pelajar yang tentu saja banyak pelajar dan mahasiswa yang notabenenya adalah anak kos memanfaatkan Bulan Ramadhan ini untuk menghemat pengeluaran makan mereka. Belum lagi dengan istilah ‘Para Pencari Takjil’ yang popular dikalangan mahasiswa.

Kebanyakan masjid memang hanya menyediakan menu takjil saja seperti air mineral/es, kurma, bubur, atau makanan manis lainnya. Namun ada beberapa masjid yang menyediakan makan besar untuk para jemaahnya, dan menunya pun tak tanggung-tanggung. Berikut beberapa diantaranya.

Masjid Jogokariyan

buka puasa di Masjid Jogokariyan
buka puasa di Masjid Jogokariyan

Masjid yang berada di kawasan Mantrijeron ini merupakan masjid pertama yang mengizinkan media untuk meliput agenda pembagian takjil. Setiap harinya kurang lebih 1500 piring makan besar disediakan untuk berbuka para jemaahnya. Menunya pun tak tangung-tanggung, seperti soto, gudeg, rawon, sate, sop ayam lazim menjadi menu berbuka disini.

Selain program buka puasa gratis, Masjid Jogokariyan juga memiliki program-program andalan lain selama Bulan Ramadhan, seperti talkshow, seminar, sahur bersama, itikaf, dan program lainnya. Selain itu, di sepanjang jalan menuju masjid, kamu bakal menjumpai setidaknya 250 stan yang menyediakan menu berbuka.

Masjid Gedhe Kauman

berbuka puasa di Masjid Gedhe Kauman
berbuka puasa di Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe merupakan Masjid Raya Kesultanan Yogyakarta yang berada di sebelah barat Alun-alun Utara. Setiap hari Masjid Gedhe selalu menyediakan menu buka puasa dengan porsi jumbo. Lebih istimewanya lagi, setiap hari kamis, disini selalu menyediakan menu tonseng kambing untuk berbuka. Tradisi ini dimulai sejak kesultanan Sri Sultan Hamengkubowono VIII (1921-1931).

Masjid Universitas Ahmad Dahlan

menu berbuka puasa di Masjid UAD
menu berbuka puasa di Masjid UAD

Masjid-masjid kampus di Jogja pun tak mau kalah memberikan menu istimewa untuk berbuka para jemaahnya. Tak tanggung-tanggung, Masjid UAD ini juga merilis daftar menu takjil dan makan besar apa saja yang akan dihidangkan selama Bulan Ramadhan. Beberapa menu-menunya antara lain tongseng, nasi padang, kolak, nasi ayam, es oyen, dan lainnya.

Masjid Kampus UGM

MASKAM UGM
MASKAM UGM

Sama seperti Masjid UAD, Maskam UGM pun tak mau ketinggalan menyediakan menu berbuka gratis untuk jamaahnya. Kebanyakan yang singgah di Maskan UGM adalah mahasiswa karena memang lokasinya yang berada di wilayah kampus. Di sepanjang jalan depan Maskam UGM pun banyak sekali stan yang menjajakan menu berbuka. Tidak sedikit yang membeli makanan dan minuman di stan-stan tersebut, dan dimakan di emperan masjid. Berhubung kebanyakan Jemaah adalah mahasiswa, system pemberian menu berbuka pun disesuaikan. 10 hari pertama 1000 porsi, 10 hari kedua 750 porsi, dan 10 hari terakhir 500 porsi.

Masjid Nurul Ashri Deresan

Masjid Nurul Ashri Deresan
Masjid Nurul Ashri Deresan

Masjid yang berada di komplek Perum UNY 2 ini merupakan salah satu masjid percontohan di Jogja. Selain program-program kajiannya yang terus berlanjut tidak hanya di Bulan Ramadhan saja, masjid ini pun juga rutin dengan program menu buka puasa gratisnya. Jika kamu ingin berbuka puasa di Masjid Nurul Ashri, kamu bisa datang setelah ashar, karena selama menjelang berbuka aka nada kajian yang bisa menambah pengetahuan agamamu.

Masjid At-Taqwa Minomartani

Masjid At Taqwa Minomartani
Masjid At Taqwa Minomartani

Selain menyediakan menu buka puasa istimewa gratis, selama Bulan Ramadhan, Masjid At-Taqwa Minomartani juga menyelenggarakan program-program keren seperti seminar dengan pembicara kelas nasional. Bahkan penulis Tere Liye pun pernah menjadi pembicara disini.

Masjid Syuhada Kota Baru

Masjid Syuhada (jogjatrip)
Masjid Syuhada (jogjatrip)

Masjid yang dibangun tahun 1950an ini juga tidak mau kalah dengan berbagai program unggulannya selama Bulan Ramadhan. Masjid yang terletak di jalan I Dewa Nyoman Oka 13 Kota Baru ini selalu mengadakan program unggulan seperti lomba anak, kajian-kajian, dan program edukasi lainnya, dan tentu saja tidak ketinggalan program berbuka puasa gratis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here