KOTAJOGJA.COM – Mengunjungi perkebunan teh tidak harus jauh-jauh ke Lembang Bandung Jawa Barat. Untuk mendapatkan suasana udara segar serta dingin cukup kita kunjungi Kebun Teh Nglinggo yang berlokasi di Desa Ngargosari dan Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kulon Progo, Yogyakarta. Walaupun tidak seluas perkebunan yang berada di tempat lainnya, keindahan kebuh teh di kedua desa tersebut tidak perlu diragukan lagi.

Mengutip pepatah bijak, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian, perjalanan menuju Kebun Teh Nglinggo harus melewati banyak jalan yang berliku dan sempit serta jalan yang menanjak sebagai ciri khas perbukitan untuk dapat pergi ke kebun teh ini. Kesulitan itu tidak berarti karena jalanan sudah diaspal sehingga akses menuju kebuh tersebut tidaklah susah.

Memetik Teh
Memetik Teh

Keindahan Pemandangan di Kebun Teh Nglinggo

Sesampainya di Kebun Teh Nglinggo, pemandangan indah hamparan kebun teh tersaji di depan mata kita. Disinilah pentingnya kita membawa alat dokumentasi untuk mengabadikan keindahan di tempat ini. Suasana yang ada akan terasa damai dan sunyi. Berada di antara pohon teh menambah rasa sejuk dan nyaman.

Selain keindahan pemandangan di Kebun Teh Nglinggo, wisatawan dapat merasakan keramahtamahan para penduduk yang terlibat di perkebunan ini. Mereka adalah petani yang ada di perkebunan teh ini, tak segan-segan mereka mengajari kita bagaimana cara memetik teh dengan baik dan benar, bahkan tanpa segan-segan mereka mengajak pengunjung untuk melihat pengolahan teh serta menawarkannya teh kepada kita untuk menyeruputnya.

Suasana Kebun Teh Samigaluh
Suasana Kebun Teh Samigaluh

Walaupun berbukit, Anda akan merasakan kepuasan tersendiri ketika Anda melihat pemandangan yang ada melalui bukit ini. Hampir semua bagian dari kebun teh Nglinggo Kulon Progo akan terlihat. Biasanya para pengunjung akan memenuhi bukit pada saat tidak ada kabut. Pada keadaan seperti inilah kebun teh akan terlihat dengan jelas karena tidak adanya kabut yang menutupi. Jika Anda tidak mampu untuk berjalan jauh, Anda cukup menikmatinya dari bawah bukit. (aanardian)

Tulis Komentar

loading...