KOTAJOGJA.COM – Udara dingin dengan ritme hujan gerimis lirih menemani para penyantap kuliner malam untuk menghapuskan mendung lapar di perutnya. Berdiri sejajar di depan meja menu menunggu antrian sembari tunjuk sana sini untuk memastikan menu yang akan dipilih. Itulah sekelumit gambaran tentang Gudeg Permata Bu Pujo.

Pengunjung Gudeg Permata Bu Pujo
Pengunjung Gudeg Permata Bu Pujo

Lokasi Gudeg Permata Bu Pujo

Gudeg Permata merupakan salah satu tempat kuliner pilihan bagi masyarakat atau wisatawan di Jogja. Berdiri sejak tahun 1951 dan sekarang dikelola oleh anak-anak Bu Pujo. Gudeg Permata terletak di Jalan Gajah Mada dekat dengan bioskop permata. Pelanggan awal warung ini yaitu para penonton Bioskop Permata, meskipun bioskopnya sudah sepi namun warung gudeg ini tidak kehilangan penggemarnya.

Seporsi Nasi Gudeg Telur Dan Segelas Jeruk Hangat
Seporsi Nasi Gudeg Telur Dan Segelas Jeruk Hangat

Beroperasi mulai pukul 21.00 WIB hingga dini hari warung ini kerap dipadati pembeli yang ingin menikamti gudeg basah khas racikan keluarga bu Pujo yang rasanya dominan gurih, tidak terlalu manis dengan sambal krecek yang pedas ditemani air jeruk atau teh manis hangat. Harga dipatok mulai Rp 8.000,00 untuk tiap porsinya tergantung lauk yang dipilih. Untuk lauk disediakan  tempe, tahu, ayam kampung atau telur bebek. (Arisca Meir/kotajogja.com)

Lokasi: Jl. Gadjah Mada (sisi barat bioskop permata), Yogyakarta