Gudeg Fenomenal di Jogja

2
3300
gudeg fenomenal di jogja

gudeg fenomenal di jogjaMain ke Jogja tanpa nyicipin Gudegnya? Hampa bro! mumpung kamu lagi main ke Jogja, cicipin sekalian donk kuliner khasnya. Jogja dari jaman dahulu kala sudah terkenal dengan makanan khasnya yang serba manis, sebut saja salah satunya, Gudeg Jogja. Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari gori atau nangka muda yang dimasak lama bersama bumbu, biasanya dinikmati bersama krecek, siraman bumbu areh, serta lauk-pauk seperti ayam, telur, tahu, atau tempe. Gudeg banyak dijual di warung-warung makan hingga restoran terkenal. Tapi kalau kamu penasaran sama gudeg-gudeg terkenal di Jogja, ini dia rekomendasi gudeg-gudeg fenomenal di Jogja. Mulai dari fenomenal karena usianya, sampai gudeg yang terkenal karena keunikannya. Yuk simak!

Gudeg Fenomenal di Jogja

Gudeg Yu Djum

gudeg8Ngomongin sentra gudeg Jogja, kamu bisa datang ke daerah Wijilan, tepatnya di kawasan timur alun-alun utara. Dari sekian banyak gudeg yang ada di daerah Wijilan, salah satu yang paling legendaris adalah Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum sendiri sudah berdiri sejak tahun 1950. Sudah tidak diragukan lagi kan kelegendarisannya.

Gudeg Pawon

gudeg7Mungkin agak aneh ya saat kita ke warung makan, dan kita langsung ke dapurnya untuk mengambil makanan yang kita mau. Tapi tidak di Gudeg Pawon, justru di sini keunikannya. Pengunjung bisa masuk langusng ke pawon (dapur) untuk memilih dan menikmati kuliner manis nan lezat khas Jogja ini.

Gudeg Permata

gudeg3Bioskop Permata dikenal sebagai bioskop tertua di Jogja. Namun ternyata tak hanya bioskopnya saja, tepat di depan Bioskop Permata, terdapat warung gudeg yang usinya juga tak kalah tua dengan bioskopnya, namanya Gudeg Permata Bu Pujo. Konon, warung gudeg ini sudah ada sejak 1951, dan hingga kini terus dikelola oleh anaknya. Gudeg Permata berada di Jalan Gajah Mada, buka dari jam 20.00-02.00

Gudeg Manggar

gudeg5Dinamakan gudeg manggar bukan karena gudeg ini berlokasi di daerah manggar ya, tapi karena gudeg ini tidak terbuat dari nangka muda, akan tetapi dari manggar atau bunga kelapa muda. Rasa dan tekstur yang unik ditambah lagi dengan suwiran daging ayam, dijamin bakal bikin kamu ketagihan. Gudeg Manggar berlokasi di Jalan Srandhakan km 8, Bantul.

Gudeg Bu Haji Amad

gudeg6Nah, bagi kamu yang pengen ngerasain gudeg legenda tanpa merogoh kocek dalam-dalam, kamu bisa mampir ke Gudeg Bu Haji Amad yang berlokasi di seberang Fakultas Kehutanan UGM. Meski sudah memiliki nama besar di Jogja, namun harga gudeg disini relative murah. Tak heran kalau disini jadi langganan para mahasiswa.

Gudeg Sagan

gudeg4Tentu sangat jarang bukan menikmati makanan tradisional sembari diiringi dengan live music dan suasana tempat makanan yang modern. Tapi kamu bisa menemukan atmosfer menyenangkan seperti itu di Gudeg Sagan. Ini dia alasan kenapa Gudeg Sagan masuk dalam list gudeg fenomenal di Jogja. Dengan konsep tempat makan yang modern ala anak muda, diiringi dengan live music. Salah satu ciri khas gudeg disini adalah dengan kuah arehnya yang agak banyak, sehingga membuat gudeg ini agak basah dan berkuah.

Gudeg Mercon Bu Tinah

gudeg2Siapa bilang gudeg hanya bisa dinikmati oleh pecinta manis? Para huh-hah lovers juga bisa lho mencicipi makanan khas Jogja ini. Untuk menikmati gudeg sesuai dengan lidah pedas kamu, Gudeg Mercon Bu Tinah bisa menjadi rekomendasi. Rahasia pedas dari Gudeg Mercon ini adalah Lombok rawit yang disajikan pada setiap piringnya. Gudeg Mercon Bu Tinah terletak di dekat Pasar Kranggan, tepatnya di Jalan Asem Gede, Jetis. Jam buka mulai pukul 21.00 WIB

Gudeg Bu Tjitro

gudeg1Satu lagi gudeg fenomenal di Jogja yang cukup legendaris, yaitu Gudeg Bu Tjitro yang sudah ada sejak tahun 1925! Selain usianya yang hampir satu abad ini, gudeg Bu Tjitro juga dikenal dengan gudeg kalengnya. Awalnya gudeg Bu Tjitro menggunakan kendil sebagai wadahnya. Namun karena dianggap merepotkan, Gudeg Bu Tjitro pun berinovasi menggunakan kaleng sebagai wadahnya agar lebih mudah dibawa. Dalam satu porsinya, seporsi gudeg dilengkapi dengan sambal goreng krecek, kacang tholo, ayam kampung, telur, dan tempe. Gudeg Bu Tjitro terletak di Depan JEC, Jalan Janti 330.

Jadi sudah tidak bingung lagi kan mau makan gudeg jogja dimana, mau yang legendaris, paling terkenal, suasana yang unik, rasanya yang beda, atau harganya yang murah. (hika/kotajogja)

(source foto : tripadvisor, kompasiana, antaranews)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY