Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Berita Jogja

Berita Utama Kotajogja


UAJY Resmikan India Corner untuk Sarana Memelajari Kebudayaan India


UAJY Resmikan India Corner untuk Sarana Memelajari Kebudayaan India

SLEMAN - Universitas Atma Jaya Yogyakarta memeroleh kesempatan dari Kedutaan India untuk lebih mengenal kebudayaannya, dengan cara membuka India Corner di UAJY pada hari Jumat (6/9/2013). Kerjasama tersebut merupakan kali kedua setelah sebelumnya, UAJY bekerjasama dengan Jawaharlal Nehru India Cultural Centre (JNICC) menggelar acara Slice of India. Melalui India Corner, setiap mahasiswa akan diajak untuk menjelajah keindahan India dan kembali mengingatkan tentang eratnya hubungan historis antara Indonesia dengan India sejak ratusan tahun lalu.

Rektor UAJY, Maryatmo dalam sambutan peresmian India Corner menerangkan bahwa hal itu tak lepas dari tingginya antusiasme mahasiswanya yang ingin memelajari kebudayaan India. Oleh karena itu, tawaran untuk membuka India Corner oleh Kedubes India dipandang sebagai jawaban atas tingginya minat tersebut.

Adapun, India Corner ini didalamnya menyediakan buku-buku dan CD berisikan tentang kebudayaan India yang dikirim secara bertahap. Kedutaan India juga akan mengirimkan satu professor  untuk mengajar di UAJY selama satu tahun. Professor ini nantinya akan dipilih oleh UAJY sesuai dengan bidang yang diminati.

"Saya berharap kerjasama ini bisa membawa dampak posit if bagi budaya dan bangsa kita," tandas Maryatmo.

Sementara itu, Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh, menaruh harapan besar bahwa kerjasama itu akan semakin mempererat hubungan antar negara maupun dengan UAJY secara khusus.

Diantara beberapa perguruan tinggi lainnya yang ada di Yogyakarta, Gurjit Singh mengatakan bahwa UAJY dianggap menjadi salah satu kampus yang sudah sangat siap untuk menjalin kerjasama itu. Ia pun memberikan apresiasi terhadap pembukaan India Corner tersebut, meskipun masih dalam sebuah ruangan yang kecil. Namun begitu ia berharap eksistensi India Cornet itu kemudian bisa dikembangkan. India Corner ini juga diharapkan menjadi simbol dari dibukanya simpul kerja sama yang semakin akrab dan berbobot dalam menyongsong era globalisasi yang menisbikan batas-batas teritorial negara.(tribunjogja.com)







Profile Tokoh
Ngatinah - Legenda Gudeg Mercon Jogjakarta

Di usianya yang menginjak 60 tahun, Ngatinah tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya yang dia rintis sejak tahun 1992. Wanita kelahiran Boyolali ini layak kita berikan… Selengkapnya