Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Berita Jogja

Berita Utama Kotajogja


Sistem Tanda Bunyi Kentongan


Sistem Tanda Bunyi Kentongan

YOGYAKARTA - Pos Ronda dan Kentongan bukanlah hal yang susah untuk di dapat terlebih di daerah perkampungan yang berada di wilayah Yogyakarta. Pos Ronda atau yang dikenal Pos Kamling (Pos Keamanan Lingkungan)  merupakan salah satu  bangunan yang dapat kita lihat di setiap lingkungan RT lengkap dengan peralatannya.  

Pada masa lalu pos-pos ronda hampir selalu memiliki alat komunikasi dan keamanan sekalipun alat-alat itu bisa dikatakan sederhana saja. Alat-alat keamanan itu misalnya tongkat berkait untuk pengamanan di kala terjadi musibah kebakaran. Ada pula geranggang (lembing), tombak dan penggada. Kedua alat terakhir ini digunakan jika wilayah setempat terancam bahaya kejahatan atau kriminal.

Perubahan jaman terus berjalan alat-alat informasi semakin maju, alat penanda untuk bebunyian seperti bende jarang sekali diketemukan di pos-pos ronda. Jam dinding pun menjadi alat penanda waktu menggantikan fungsi bende tersebut. Yang tersisa hanyalah kentongan yang fungsinya pun nyaris tidak terpakai.

Pada masa lalu sistem pemukulan/pembunyian kentongan juga memiliki arti atau kode-kode tertentu. Tampaknya kode atau sistem tanda bunyi kentongan dengan nada dan intonasi tertentu dan arti tertentu pada zaman ini mulai dilupakan. Hal itu setidaknya bisa dibuktikan dengan ketidaktahuan orang akan kode-kode bunyi dari kentongan yang sebenarnya memiliki arti tertentu. Kecuali itu, hampir semua pos ronda tidak lagi mencantumkan sistem kode bunyi dengan arti tertentu tersebut.

Sekalipun demikian, kotajogja.com masih bisa menemukan sebuah pos ronda yang masih mencantumkan sistem atau kode bunyi kentongan dengan arti-arti tertentu. Pos ronda yang dimaksudkan terletak di Kampung Patangpuluhan RT.01/RW.04 Pantangpuluhan Wirobrajan Yogyakarta. (aan/kotajogja.com)







Profile Tokoh
Ngatinah - Legenda Gudeg Mercon Jogjakarta

Di usianya yang menginjak 60 tahun, Ngatinah tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya yang dia rintis sejak tahun 1992. Wanita kelahiran Boyolali ini layak kita berikan… Selengkapnya