Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Berita Jogja

Berita Utama Kotajogja


Pernikahan Agung Kraton Yogyakarta Ditayangkan di Bioskop


Pernikahan Agung Kraton Yogyakarta Ditayangkan di Bioskop

YOGYAKARTA - Pernikahan Agung (Dhaup Ageng) Kraton Yogyakarta dibuat dalam bentuk film dokumenter dan akan ditayangkan di bioskop di DIY pada 17 - 24 Oktober mendatang. Dalam sehari, rencananya akan diputar sebanyak 5 kali.

Putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Bendara, menjelaskan, film tersebut sekaligus menyambut pernikahan kakaknya saya. Film dokumenter tersebut, jelasnya, menceritakan mengenai perrnikahan agung di keraton yang mengusung adat tradisi jawa.

"Film tersebut menggunakan referensi pernikahan kami (GKR Bendara dan KPH Yudanegara) 2 tahun lalu," ungkapnya, Kamis (19/9).

Ia menjelaskan, awalnya materi dalam film tersebut merupakan dokumentasi pribadinya.  GKR Bendara pun memiliki ide untuk bisa menginformasikan kepada masyarakat melalui sebuah film dokumenter dan mendiskusikannya dengan suaminya, KPH Yudanegara dan ayahnya Sultan HB X.

Ide pembuatan film tersebut ternyata disambut baik. "Alangkah bagusnya kalau semua orang tahu filosifi dan maknanya," jelasnya ketika dihubungi melalui telepon.(metrotvnews.com)







Profile Tokoh
Ngatinah - Legenda Gudeg Mercon Jogjakarta

Di usianya yang menginjak 60 tahun, Ngatinah tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya yang dia rintis sejak tahun 1992. Wanita kelahiran Boyolali ini layak kita berikan… Selengkapnya