Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Berita Jogja

Berita Utama Kotajogja


Pasar Telo, Pasar Tematik di Kota Yogyakarta


Pasar Telo, Pasar Tematik di Kota Yogyakarta

YOGYAKARTA - Sering kita mendengar nama-nama pasar seperti, Kranggan, Beringharjo, dan Gampingan yang mudah dikenal banyak orang dan menjadi populer di antara pasar-pasar tradisional yang ada di kota Yogyakarta.

Ada satu pasar unik dimana komoditas di pasar tersebut hanya ada satu produk yaitu Pasar Telo. Pasar ini berlokasi di daerah Karangkajen tepatnya di Jalan Sisingamangaraja selatan persis pertigaan Traffic Light Menukan.

Menurut cerita dari Mbah Dinah salah satu pedagang disini, Pasar Telo sudah ada sejak tahun 1950an, ketika dia berusia 10 tahun. Perempuan kelahiran Wojo Imogiri Bantul menceritakan pengalamannya ketika masih ikut membantu kedua orang tuanya berjualan di pasar ini.

“Dulu kedua orang tua saya menjadi pemasok ketela di Pasar Telo, pada waktu itu bapak ibu saya biasa menyewa gerobak sapi untuk membawa hasil panen dan kemudian ada pengepul yang membeli hasil panen. Lambat laun bapak ibu saya akhirnya bisa membeli salah satu kios di pasar ini dan sampai sekarang kios tersebut saya pakai untuk berjualan,” ungkap Nenek dari tujuh cucu ini.

Melihat keadaan Pasar Telo yang cukup memprihatinkan banyak pedagang yang menginginkan pasar ini tetap di jaga keberadaannya dan di renovasi agar mampu menambah pengunjung di pasar ini. Hasil pantauan kotajogja.com, para pedagang sangat berharap Pemerintah Kota Yogyakarta untuk segera membangun kembali Pasar Telo.

Indra sebagai salah satu warga yang tinggal di sekitar Pasar Telo ini pun memiliki usulan agar pembangunan kembali Pasar Telo ini segera di realisasikan untuk menarik para pembeli berkunjung di pasar ini. Selain itu pria berprofesi sebagai pengusaha sablonase, juga mengharapkan keberadaan Pasar Telo ini dipertahankan tidak hanya sebagai pasar tradisional karena keunikan dari pasar ini bila dikembangkan secara bagus bisa menjadi salah satu tempat wisata belanja tradisional dengan ketela sebagai komoditas produknya. (anardian/kotajogja.com)







Profile Tokoh
Ngatinah - Legenda Gudeg Mercon Jogjakarta

Di usianya yang menginjak 60 tahun, Ngatinah tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya yang dia rintis sejak tahun 1992. Wanita kelahiran Boyolali ini layak kita berikan… Selengkapnya