Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Berita Jogja

Berita Utama Kotajogja


Lembah UGM Ruang Terbuka Hijau di Wilayah Utara Yogyakarta


Lembah UGM Ruang Terbuka Hijau di Wilayah Utara Yogyakarta

SLEMAN - Secara administrasi kawasan Lembah UGM masuk di wilayah Bulaksumur, Caturtunggal, Depok, Sleman DIY. Dengan luas wilayah kurang lebih 35 Ha, Lembah UGM masuk wilayah Universitas Gadjah Mada yang secara langsung bertanggungjawab terhadap kawasan ini.

Seminggu sekali kawasan ini menjadi pasar tiban yang terkenal dengan sebutan Sunday Morning UGM atau disingkat Sunmor UGM,  yang melakukan kegiatan transaksi ekonomi yang bersifat semi permanen karena hanya dilakukan seminggu sekali di hari Minggu. Keberadaan pasar Sunmor tersebut di berada di kawasan hijau Taman Lembah UGM yang masih banyak tertanam pohon besar dan semak belukar.
 
Sebagai salah satu ruang terbuka hijau (RTH), kawasan Lembah UGM  memiliki tiga fungsi penting yaitu ekologs, sosial-ekonomi dan evakuasi. Sebagai fungsi ekologis, kawasan ini menjadi penyangga ketersediaan air tanah, pencegahan banjir, menetralisir udara dari polusi kendaraan bermotor dan pengatur iklim mikro. Fungsi lainnya yaitu sosial-ekonomi untuk memberikan fungsi sebagai ruang interaksi sosial, sarana rekreasi dan sebagai tetenger (landmark) kota. Sementara evakuasi berfungsi antara lain untuk tempat pengungsian saat terjadi bencana alam dan menjadi titik kumpul ketika koordinasi evakuasi korban.

Dalam UU No. 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang disebutkan, jumlah RTH di setiap kota harus sebesar 30 persen dari luas kota tersebut. Arsitek Landsekap/ Majelis Ikatan Arsitektur Landsekap Indonesia (IALI) Ning Purnomohadi dalam program Selamat Pagi Nusantara di TVRI, Rabu (2/7) mengatakan, RTH perkotaan adalah bagian dari ruang-ruang terbuka suatu wilayah perkotaan yang diisi oleh tumbuhan, tanaman dan vegetasi. Dengan keberadaan RTH yang ideal, maka tingkat kesehatan warga kota yang bersangkutan juga menjadi baik. RTH dapat mengurangi kadar polutan seperti timah hitam dan timbal yang berbahaya bagi kesehatan manusia. (konten: ardian/kotajogja.com) 







Profile Tokoh
Ngatinah - Legenda Gudeg Mercon Jogjakarta

Di usianya yang menginjak 60 tahun, Ngatinah tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya yang dia rintis sejak tahun 1992. Wanita kelahiran Boyolali ini layak kita berikan… Selengkapnya