Wisata Pematang Sawah Sukorame Mangunan

0
171
foto instagram by @fotohery

Pesona Mangunan ternyata tidak hanya sebatas perbukitan saja. Kini di Mangunan tengah dikembangkan wisata pertanian yang menawarkan lanskap pematang sawah yang bisa dinikmati dengan cara yang berbeda.

Keindahan hamparan persawahan di Mangunan, Dlingo, Bantul ini bisa dinikmati dengan leluasa dengan jalanan yang melintasi areal persawahan. Jadi pengunjung tidak perlu takut terkena lumpur atau merusak tanaman padi saat berjalan-jalan di sawah. Jalanan ini terbuat dari bambu dan menyerupai jembatan yang melintasi persawahan dan memang dibuat khusus bagi wisatawan yang ingin melintasi luasnya hamparan sawah dengan mudah dan santai.

Meski belum sepenuhnya jadi, sudah cukup banyak wisatawan yang datang. Sebagian besar mereka adalah anak muda yang datang untuk sekedar berfoto dan memenuhi feed sosial media mereka.

Munculnya ide pembuatan jembatan bambu ini berasal dari anak-anak KKN yang sempat tinggal di Sukorame beberapa waktu lalu. Namun lantaran waktu KKN yang sudah selesai dan pembuatan jembatan yang membutuhkan dana cukup banyak, program ini pun sempat terhenti. Meskipun kini pengerjaan dilanjutkan menggunakan dana swadaya masyarakat, beberapa kendala masih menghambat penyelesaian jembatan bambu ini, seperti dana tenaga dan SDM.

Sampai sekarang, wisata sawah ini masih belum digarap dengan optimal, belum ada penjaga dan fasilitas pendukung untuk wisatawan.

Letak wisata sawah Sukorame berada di sebelah timur objek wisata Mangunan, tepatnya di Jalan Raya Sukorame.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here