Menjadi Orang Desa Sehari di Desa Wisata Kebonagung

0
219
Sumber foto : IG @vindyaian

Persawahan yang menghampar luas, udara yang masih bersih dan segar lagi sejuk, suasana pedesaan yang kental, siulan-siulan merdu burung saat pagi hari, itulah sekelumit hal-hal yang akan ditemui para wisatawan saat berkunjung ke desa wisata Kebonagung.

Desa wisata yang berada di Imogiri Bantul ini memang mendedikasikan dirinya menjadi Desa Wisata Pertanian dan Budaya. Dengan melihat potensi dari mata pencaharian utama masyarakat sekitar dengan bertani dan beternak, Kelompok Sadar Wisata desa Kebonagung pun siap menyulap desa Kebonagung menjadi salah satu tujuan wisata andalan di Bantul.

Titlenya sebagai desa wisata pertanian dan budaya, tentu kegiatan yang akan dilakukan disini sangat jarang ditemui di tempat wisata lain. Disini pengunjung akan diajak langsung mengenal bagaimana cara menanam padi, membajak sawah, menggembala itik, dan melakukan kegiatan sehari-hari warga desa Kebonagung seperti praktek membuat tempe dan emping. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar jathilan, gamelan, salawat, macapat, karawitan dan mengikuti kenduri. Disini juga terdapat museum pertanian yang didalamnya banyak menyimpan alat-alat pertanian sejak jaman kuno.

Beberapa kegiatan lain yang tidak kalah menarik adalah menyusuri sungai opak menggunakan perahu naga, belajar batik tulis, membuat topeng batik kayu dengan media kayu, dan batik keramik yang menggunakan keramik sebagai alas membatik.

Kegiatan-kegiatan itulah yang menjadi daya tarik desa wisata Kebonagung. Karena itu tidak heran jika sebagian besar pengunjung desa Kebonagung adalah wisatawan dari kota-kota besar yang menginginkan suasana baru di liburan mereka.

Desa Kebon Agung, Kecamatan Imogiri, Bantul, Indonesia

Telp: (0274) 6808609, 08157927374

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY