Awas Penipuan Melalui Aplikasi MYTELKOMSEL yang bisa membobol pulsa dan tagihan anda. Ini dia Modusnya

0
427

Sebaiknya anda hati-hati ketika ada orang yang mengaku dari TELKOMSEL atau yang lain yang akan memberikan hadiah berupa uang. Karena pulsa anda bisa dibobol atau tagihan telepon pasca bayar anda bisa membengkak tak terduga. Berikut simak modus baru mereka.

Saya coba tuliskan pengalaman saya kemarin Minggu, 16 April 2017 ketika ada orang menelpon dari Telkomsel dan mengaku memberikan hadiah uang, karena ini merupakan modus baru saya ingin share supaya orang lain tidak menjadi korban penipuan. Berikut kronologis kejadiannya.

Tiba-tiba saya mendapatkan telepon dari seseorang dengan nomer yang tidak saya kenal 082246610036. Orang itu memberitahukan kalau saya mendapat hadiah berupa uang 7 juta yang akan masuk ke rekening. Langsung dari awal saya tahu ini adalah penipuan. Karena penasaran ingin tahu modus penipuan saya mencoba berpura-pura tidak paham dan mengikuti keinginan dia. Dugaan awal saya ini adalah penipuan yang sering terjadi dengan menghipnotis orang dan menghabisi rekening tabungan orang dengan ATM. Saya tidak khawatir karena istri saya ada disebelah saya. Lagipula saya berkecimpung di bidang IT yang biasa membuat mobile dan SMS application, jadi membuat saya penasaran metode yang akan dipakai.

Awalnya orang itu mengucapkan basa basi selamat anda mendapatkan hadiah, jangan beritahu orang disekitar anda dan jangan matikan ponsel. Dia mengatakan bapak akan menerima SMS konfirmasi dari TELKOMSEL kode aktivasi yang akan dimasukkan ketika di ATM. Dan benar saya langsung menerima SMS dari ID MYTELKOMSEL, kita disuruh cek kode nya dan membacakan. Waktu itu karena posisi lagi menyetir saya bacakan dan belum terlalu paham dengan MYTELKOMSEL (yang ternyata itu SMS dari aplikasi MYTELKOMSEL).

SMS dari MYTELKOMSEL

Saya disuruh ke mesin ATM dia tanya berapa menit ke mesin ATM. Saya jawab 10 menit. Saya berpura-pura seolah-olah ke ATM, padahal saya hanya diam saja. Dalam perjalanan ini dia mengirimkan SMS lagi dari MYTELKOMSEL dan disuruh kita menyebutkan kode nya. Karena awalnya saya merasa nomer ponsel saya tidak terhubung ebanking, saya merasa aman-aman saja.

Kemudian saya ditanya lagi sudah di mesin ATM. Saya jawab, sudah. Habis itu dia bilang lagi saya kirim SMS kode lagi. Saya disuruh membacakan. 3 Kali saya bacakan. Nah kemudian saya tanya, saya sudah di mesin ATM nih, saya harus pencet tombol apa. Dia bilang tunggu dulu dan agak muter-muter. Saya pura-pura mulai kesal dan saya bilang tombol di ATM apalagi yang harus saya pencet. Dia kemudian bilang ini benaran pak bukan penipuan, bapak akan dapat SMS dari BANK MANDIRI, dan ternyata benar saya mendapat SMS dengan ID pengirim BANKMANDIRI.

SMS dengan ID Sender BANKMANDIRI

Saya pikir canggih juga nih orang. Namun saya merasa mulai aneh, orang ini dari tadi tidak minta kita segera transfer, saya merasa ini dia hanya berputar-putar membutuhkan kode aktiviasi tadi. Ketika dia minta kode lagi saya mulai salah-salahkan. Dan ternyata dia mulai emosi dan tahu saya mengerjai dia. Akhirnya saya bilang saya sudah tahu sejak awal anda penipu. Akhirnya dia tutup telepon dan sambil bilang uang bapak nanti saya kuras habis.

Kartu HALO saya tidak terhubung dengan banking jadi saya merasa akan aman. Namun setelah beberapa saat tiba-tiba SMS notifikasi muncul dan beberapa layanan di kartu saya aktif, seperti Layanan Roaming ke Amerika, ke Eropa dan beberapa negara, Layanan paket data dan beberapa paket layanan lainnya.

Berbagai layanan yang diakifkan

Nah dari situ saya menyadari penipuan tadi bukan penipuan via ATM melainkan dia menguasai ponsel kita melalui aplikasi MYTELKOMSEL dan mengaktifkan beberapa layanan. Dengan mendapatkan VERIFICATION CODE tadi dia bisa menguasai ponsel kita dari aplikasi. Langsung saat itu juga saya telp Call Center TELKOMSEL dan menyampaikan kejadian. Dari Pihak Call Center Telkomsel sangat responsif dan kemudian melakukan kill registrasi aplikasi yang diaktifkan dan melakukan blocking sementara. Kemudian kita diminta mengirimkan aduan SMS penipuan ke 1166.

Demikian modus penipuan melalui aplikasi MYTELKOMSEL, sebelumnya saya sendiri juga tidak begitu memahami aplikasi tersebut. Dan memang untuk masuk ke dalam aplikasi itu membutuhkan verification code yang itu rahasia dan tidak boleh bocor kepada orang lain. Ketika dia sudah berhasil masuk ke MYTELKOMSEL maka dia menguasai ponsel kita dan dapat melakukan transfer pulsa, aktifkan paket-paket, dan banyak lagi sehingga tanpa diduga ponsel kita disedot pulsanya dan bagi pasca bayar akan ada tagihan tak terduga yang sangat besar. Semoga bermanfaat

Salam

Yuda

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY