Fasilitas Wifi Gratis Semakin Manjakan Wisatawan di Malioboro

0
406

Fasilitas Wifi gratis berkecepatan total 100 Mega Byte akan disebar di 13 titik di kawasan Malioboro. 13 titik wifi tersebut diantaranya kawasan Tugu dan sepanjang Jalan Mangkubumi (3 titik), Taman Parkir Abu Bakar Ali (1 titik), Alun-alun Utara (4 titik), Alun-alun Selatan (2 titik), dan Taman Hutan Raya (3 titik).  Rencananya wifi gratis yang bernama Jogja Istimewa tersebut akan dilaunching Maret 2017.

Sugeng wahyudi selaku Kabid Pengembangan Layanan Teknologi Informatika Diskominfo DIY memaparkan bahwa proyek tersebut dilaksanakan dari Danais 2017 sebesar Rp830 juta. Dana tersebut digunakan untuk pengadaan alat dan juga biaya berlangganan selama 10 bulan.

Pengelolaan diserahkan kepada pihak ketiga karena keterbatasan personil di Pemda Yogyakarta. Sehingga nantinya Pemda dapat focus menangani wifi Jogja Istimewa yang sudah terpasang di 10 titik di sepanjang Jalan Malioboro.

Pengadaan 10 titik wifi Jogja Istimewa di Malioboro ini sendiri memakan dana hingga Rp 1,2 miliar yang diambil dari Danais. Selanjutnya setiap tahun memakan biaya sebesar Rp 170 juta untuk biaya perawatan.

“Wifi Jogja Istimewa di Malioboro, tiap titiknya memiliki daya jangkau 200 meter dan bisa 250 orang per titik. Selama ini di Malioboro masih mencukupi 20 Mega Byte,” ujar Sugeng.

Pengguna sendiri tidak perlu memerlukan username dan password untuk menggunakan fasilitas wifi gratis tersebut. Ketika mendapat disclaimer bahwa ini merupakan wifi Pemda DIY, pengguna bisa langsung menggunakannya. Pengguna tinggal mengklik accept yang nantinya langsung tersambung ke portal Pemda DIY yang menyajikan berita terkini.

SHARE
Previous articleLet Me See
Next articleIkan Bakar Bu Bambang
Redaksi
Kotajogja.com merupakan situs yang berisi berbagai informasi dan seluk beluk Yogyakarta. Hadir sejak 2011, kini kotajogja.com memberikan tampilan dan isi yang lebih fresh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY