Jalur Kereta Api Baru Akan Hubungkan Yogyakarta-Magelang

1183

Pemerintah berencana akan membuka kembali jalur kereta api yang menghubungkan Yogyakarta-Magelang.  Akan tetapi, tidak akan dilakukan dengan memulihkan kembali jalur lama, melainkan dengan memakai jalur rel baru.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengungkapkan penggunaan jalur rel kereta api lama dirasa akan lebih sulit. Karena jalur rel lama telah digunakan untuk pemukiman, dan juga sudah banyak difungsikan untuk hal lain. Sehingga jika tetap menggunakan rel lama, khawatir akan timbul banyak masalah hukum dan social, meskipun secara teknis lebih bagus yang lama.

“Kemungkinan besar menggunakan jalur baru. Kita lagi mau lihat potensinya, apakah menggunakan investor dalam negeri atau luar negeri,” ujar Menhub di stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (27/12/2016).

Realisasi jalur kereta api yang menghubungkan Yogyakarta-Magelang ini rencananya dapat terlaksana tahun 2020 atau 2021 mendatang. Hal ini dikarenakan pembebasan tanah yang memakan cukup waktu dan juga membutuhkan dana yang besar.

“Dana besar sekali, karena 1 kilometer (km) kira-kira Rp 400 miliar, itu dikali 40 km,” ungkap Menhub. (detik.com)

Tulis Komentar

loading...