Sepeda Gratis Bagi Wisatawan untuk Keliling Malioboro

0
536

UPT Malioboro berencana menyediakan sepeda bagi pengunjung Malioboro yang memarkirkan kendaraan di TKP Abu Bakar Ali. Rencana tersebut rencananya akan direalisasikan bulan ini.

Syarif Teguh Prabowo, Kepala UPT Malioboro mengatakan, UPT Malioboro akan menyediakan 20 unit sepeda kayuh yang dapat digunakan wisatawan untuk berkeliling Malioboro. Adapun penyedian sepeda tersebut berasal dari anggaran Dana Keistimewaan (Danais).

“Anggaran pengadaan untuk sepeda di TKP ABA itu dari Danais sebanyak Rp 60 juta,” ungkap Syarif, Rabu (9/11/2016).

Langkah antisipasi proyek revitalisasi Malioboro yang diprediksi bakal selesai akhir tahun ini disebut Syarif sebagai alasan penyediaan sepeda gratis tersebut.

Pihaknya memandang, ketika proyek revitalisasi selesai, pengunjung Malioboro akan mengalami lonjakan. Program sepeda gratis ini juga merupakan antisipasi lonjakan pengunjung pada libur akhir tahun. Untuk memudahkan pengunjung yang parkir di TKP Abu Bakar Ali.

Dengan adanya sepeda gratis ini diharapkan akan meningkatkan minat masyarakat untuk memarkirkan kendaraannya di TKP ABA.

Wajib Parkir

Syarat utama peminjaman sepeda adalah memarkirkan kendaraan di TKP ABA. Nantinya Dinas PUP ESDM DIY akan menyediakan Pos Sepeda di beberapa titik sepanjang Jalan Malioboro yang dijaga pasukan Jogo Malioboro (Jogoboro).

“kalau sepedanya belum kembali, kendaraan yang diparkir belum bisa diambil. Sistemnya nanti seperti apa masih akan dibahas,’ ungkap Syarif.

Seremonial Belaka

Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Supriyanto Untung mengharapkan, program penyediaan sepeda kayuh bagi wisatawan Malioboro tidak hanya seremonial. Sebab selama ini banyak program yang berkaitan dengan sepeda tidak berjalan.

Diinginkannya apabila ekskutif ingin mengadakan program yang berkaitan dengan sepeda, alangkah baiknya tidak melakukan pengadaan ulang. Melainkan menggunakan sepeda milik Pemkot yang mangkrak pascaprogram Sego Segawe yang yak lagi berjalan. (Tribun Jogja)

SHARE
Previous articlePasang Info Event Jogja
Next articleStand Up Comedy ‘Eastimewa’
Redaksi
Kotajogja.com merupakan situs yang berisi berbagai informasi dan seluk beluk Yogyakarta. Hadir sejak 2011, kini kotajogja.com memberikan tampilan dan isi yang lebih fresh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY