6 Alasan Kenapa Kamu Kuliah di Jogja

0
1343
Mahasiswa UGM (alisyahbanafarid.blogspot.co.id)

Jogja dijuluki sebagai Kota Pelajar bukan karena tanpa sebab lho. Disamping memang banyak banget sekolah, kampus, maupun akademi di Jogja, ternyata banyak factor-faktor lain yang membuat Jogja masuk di list teratas kota yang menjadi incaran para pelajar untuk mencari ilmu. Selain banyaknya pilihan akademi, ini lho alasan-alasan kenapa kamu harus memilih Jogja sebagai tempat mencari ilmu.

Pilihan Kampus/Sekolah yang Lebih Beragam

Bingung mau kuliah jurusan apa? Mau cari yang sesuai budget kamu? Tenang, di Jogja ada ratusan tempat mencari ilmu. Baik itu universitas negeri maupun swasta, politeknik, sekolah tinggi, akademi, sampai lembaga pendidikan/kursus yang berkualitas ada di Jogja. Kamu tinggal milih mana yang sesuai passion dan budget kamu. Soal kualitas? Jangan khawatir, banyak kampus-kampus terbaik Indonesia yang ada di Jogja lho.

Biaya Hidup Murah

Yup! Selain pertimbangan jurusan yang akan kamu pilih, biaya hidup juga penting dipertimbangkan. Tentunya kamu sudah tau kalau Jogja juga terkenal dengan biaya hidupnya yang terjangkau. Apalagi untuk ukuran anak kos, tentu ga cuma biaya sekolah aja yang dipikirkan. Belum bayar kos, makan harian, kebutuhan bulanan, Biaya hidup di Jogja bisa terbilang murah, tapi dengan syarat kamu juga harus pintar mengatur uang dan gaya hidup ya. Selain itu, di Jogja banyak banget lowongan sebagai part timer, jadi lumayan lah buat nabung sedikit-sedikit.

Never Ending ‘Kulineran’

Bener banget! Ga percaya? Coba kamu stalking akun-akun sosmed kulineran di Jogja. Kamu bakal ngiler karena saking banyaknya tempat makan yang pengen kamu datengin. Mau yang tradisional, modern ala-ala barat, atau kuliner nusantara. Belum lagi warung-warung burjo yang buka 24 jam. Cocok buat kamu yang tiba-tiba kelaperan pas tengah malam, atau buat kamu yang ga bisa tidur sebelum jam 4 pagi. Bisa lah nongkrong-nongkrong sambil ngobrol sama yang punya warung.

Atmosfer yang Mendukung

Sudah tak terhitung seberapa banyak orang-orang sukses dan kreatif yang lahir dari Jogja. Setiap tahunnya ribuan pelajar datang ke Jogja untuk menimba ilmu. Banyak anak muda ini mendorong munculnya komunitas-komunitas baru, organisasi, diskusi ilmu dan masih banyak lainnya. Kamu bisa memilih mana komunitas yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Belum dengan berbagai seminar, workshop, pelatihan, dan kajian-kajian kelimuan gratis yang bisa kamu ikuti. Jadi, siap-siap mengisi harimu yang bermanfaat di Jogja ya. Plus, ilmu ga cuma didapat dari bangku kuliah aja kan?

Miniatur Indonesia

Setiap tahunnya ada ribuan pelajar yang datang ke Jogja untuk menimba ilmu. Dari Sabang sampai Merauke, bahkan luar negeri pun ada di Jogja. Keberagaman ras, suku, dan budaya inilah yang membuat Jogja terasa seperti Indonesia mini. Berbagai komunitas dari berbagai daerah pun ada di Jogja. Jadi, selain kamu bisa berkenalan dengan orangnya, kamu juga bisa belajar budaya mereka. Psssttt…tau aja jodoh kamu salah satu dari mereka.

Banyak Tempat Wisata

Nah…ini yang jadi incaran para pendatang di Jogja. Ketika kamu memikirkan sekolah, mau ga mau belajar, kalau belajar lama-lama bosen juga kan, kalau udah gitu, kamu harus refreshing donk biar pikiran dan badan kamu segar lagi. Nah kalo kamu di Jogja, jangan takut kehabisan ide buat liburan dimana. Ada banyak banget tempat wisata disini. Mulai dari yang menantang dan memicu adrenalin, sampai tempat buat meditasi dan muhasabah kamu, ada semua di Jogja. Sekedar info, banyak juga lho tempat wisata yang gratis, alias kamu cuma bayar parkir aja. Gimana?

Jadi ga ada alasan buat ga kuliah di Jogja kan?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY