KOTAJOGJA.COM – Desa Wisata Krebet tidak hanya dikenal sebagai sentra wisata kerajinan kriya dengan motif batik yang dijadikan ciri khas dari kerajinan tersebut, namun ada potensi yang bagus belum diketahui banyak orang. Apakah itu? Yups, sebuah air terjun atau curug bernama Pulosari. Curug Pulosari beralamat di Njurug, Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul, DIY.

Menuju ke Curug Pulosari

Curug Pulosari merupakan potensi tersembunyi dalam artian sebenarnya. Letaknya yang jauh dari jalan utama serta melewati jalan yang berkelok dan berliku. Beberapa kali kami tersesat bahkan sempat memutari jalanan yang sama hanya berbeda arah saja. Dengan prinsip selama tersesat di daerah dengan jalan yang sudah di aspal kami tetap melanjutkan perjalanan untuk mencari curug tersebut.

curug-pulosari-7
Suasana Curug Pulosari

Tanda-tanda mulai diketemukannya Curug Pulosari berkat kecanggihan GPS* buatan lokal yang terbukti dengan details dan terarah membuat kami memahami rute yang tercepat dan mudah dihafalkan apabila suatu saat menjadi pemandu wisata menuju disini.

Akhirnya kami menemukan perempatan dengan patung Semar ukuran besar, dari sini saya mendapatkan jalan utama menuju Curug Pulosari, dari arah timur kita lurus saja ke arah barat melewati jalanan beraspal hingga jalan bercor, setelah itu kita akan banyak mendapati penanda arah menuju Curug Pulosari, dari beberapa tanda ini kita bisa memilih dari mana kita masuk ke lokasi curug tersebut.

Curug Pulosari
Sungai yang Mengalir dengan Tenang di Area Curug Pulosari

Perjalanan yang berliku akhirnya terbayar sudah, akhirnya kami menemukan lokasi curug tersebut. Setelah memarkir kendaraan, kami kemudian menuruni bukit lumayan curam dan tidak beberapa lama kami mendengarkan perlahan suara gemericik air pertanda Curug semakin dekat.

Berjalan kurang lebih 10 menit akhirnya pemandangan indah itu terlihat dengan jelas di depan mata saya, suara gemercik semakin jelas dengan pemandangan yang nyata pula. Setelah itu keluarlah kamera dari saku, dengan cepat mengambil posisi untuk mendapatkan sudut pandang yang bagus. Bebatuan kapur dengan guratan alaminya menambah kesan eksotis Pulosari. Jenis bebatuan yang sama dengan beberapa curug yang terdapat di daerah Pajangan Bantul DIY. (aanardian)

Tulis Komentar

loading...