Menjelajah Warung Ayam Goreng Favorit di Jogja

0
18061
Ayam Goreng Mbah Cemplung

Menu ayam goreng merupakan salah satu menu paling mainstream di Indonesia. Tapi, meskipun menu ayam goreng tersebar di seluruh daerah, tetap saja ada warung-warung ayam goreng yang menjadi legenda dan langganan para penikmat ayam goreng. Di Jogja sendiri ada beberapa warung ayam goreng yang selalu menjadi buronan para penikmat ayam goreng. Tidak hanya terkenal karena usianya yang sudah udzur, tetapi warung-warung ayam goreng ini juga menjanjikan ayam goreng yang sangat menggiurkan.

Ayam Goreng Ny. Suharti

Ayam Goreng Ny. Suharti
Ayam Goreng Ny. Suharti

Bisa dibilang ayam goreng Ny. Suharti merupakan salah satu ikon kuliner legenda di Jogja. Berdiri sejak tahun 65an, ayam goreng Ny Suharti pun kini sudah mengembangkan sayap bisnisnya hingga ke beberapa kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Resep rahasia serta cara pengolahannya yang pas membuat ayam goreng Ny. Suharti memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang empuk. Tak heran jika ayam goreng Ny. Suharti selalu menjadi incaran para pelancong yang mampir ke Jogja.

Lokasi : Jl. Gedong Kuning No.187, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Ayam Goreng Mbah cemplung

Ayam Goreng Mbah Cemplung
Ayam Goreng Mbah Cemplung

Tidak heran jika ayam goreng Mbah Cemplung berada di urutan teratas warung ayam goreng yang wajib dikunjungi oleh pecinta wisata kuliner. Orang bilang, semakin mblusuk tempat makan, maka semakin lezat rasanya. Statemen ini pas disematkan untuk ayam goreng Mbah Cemplung. Meskipun tempatnya yang berada jauh dari pusat kota, tidak membuat pelanggan mbah cemplung ogah mampir. Justru tempatnya yang mbulusuk inilah yang menjadi favorit para pelanggannya. Ayam goreng yang sudah ada sejak tahun 80an ini sendiri berada di Bantul, dari Pabrik Gula Madukismo masih ke selatan. Dari jalan utama sudah ada petunjuk menuju warung ayam goreng legenda ini.

Ayam goreng mbah cemplung menggunakan ayam kampung yang dilepas di pekarangan. Karena itu, rasanya lebih istimewa dibanding dengan ayam-ayam goreng yang dijual di tempat biasa.

Lokasi : Sendang, Semanggi, Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul Yogyakarta

Ayam Goreng Mbok Sabar

Ayam Goreng Mbok Sabar
Ayam Goreng Mbok Sabar

Jika kebanyakan ayam goreng diungkep dengan bumbu kuning, maka sedikit berbeda dengan ayam goreng mbok sabar. Ayam goreng disini diolah dengan bumbu baceman sehingga saat dihidangkan ayam goreng terlihat kehitaman dan agak lengket. Baceman sendiri merupakan hasil proses olahan yang memakai gula merah sebagai unsur utamanya. Gula merah ditemani antara lain oleh bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas (laos), daun salam, dan asam jawa. Bersama bumbu-bumbu ini, ayam direbus dalam air kelapa. Setelah itu baru digoreng.

Lokasi : Jl. Jagalan – Beji No.23, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Ayam Goreng Kalasan (Mbok Berek)

Ayam Goreng Mbok Berek
Ayam Goreng Mbok Berek

Sekitar tahun 80an, selain ayam goreng mbok sabar dan mbah cemplung, ada juga ayam goreng mbok berek. Ayam goreng mbok berek sendiri lebih dikenal dengan ayam goreng Kalasan karena tempatnya yang berada di daerah Kalasan. Ayam goreng mbok berek merupakan jenis ayam goreng kering.

Lokasi : Jl. Raya Solo, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Ayam Goreng Bu Tini

Ayam Goreng Bu Tini (sumber: jajan jogja)
Ayam Goreng Bu Tini (sumber: jajan jogja)

Satu lagi yang menjadi ikon ayam goreng di Jogja adalah ayam goreng Bu Tini. Rasanya ayam goreng Bu Tini ini cukup unik, perpaduan antara manis-asin-gurih. Tentu saja akan semakin lengkap jika dinikmati dengan seporsi nasi hangat, lalapan segar, dan sambal khas warung Bu Tini.

Lokasi : Jl. Sultan Agung No. 17, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Ayam Goreng Code

Ayam Gorenng Code
Ayam Gorenng Code

Terletak di timur bantaran kali Code, mungkin karena itu pula nama rumah makan ini dinamakan Ayam Goreng Code. Untuk anda penggemar ayam pasti sudah pas untuk mampir di tempat ini yang memberikan alternatif olahan ayam yang berbeda. Ayam Kampung bacem yang dibalut dengan bumbu asin-manis-gurih-legit ini membuat berbeda dari yang lain ditambah dengan nasi yang panas-pulen dan cabe yang dirancang pas untuk mendampingi Ayam bacemnya. Selain Ayam tempat ini juga menyediakan menu burung puyuh dan bebek bacem untuk anda yang tidak begitu doyan ayam.

Lokasi : Jalan Jagalan No.19 A, Daerah Istimewa Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here