Petang Ini, Warga Jogja Dapat Menyaksikan Fenomena Gerhana Matahari Cincin

0
971

Fenomena gerhana matahari cincin akan terjadi sore ini,  1 September 2016. Masyarakat di 124 kota di 10 provinsi di Indonesia dapat menikmati fenomena alam langka ini sebelum matahari terbenam.

Berdasarkan informasi di situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena gerhana matahari cincin melewati Samudera Hindia, Madagaskar, Afrika bagian tengah, dan Samudera Atlantik.

Di Indonesia sendiri, fenomena gerhana matahari ini bisa disaksikan di Bengkulu, Kepulauan Mentawai, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat.

Puncak gerhana akan pertama kali terlihat di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pukul 17:52. Sedangkan proses gerhana berakhir dapat dilihat paling cepat di Talang Ubi, Sumatera Selatan pukul 17:59:36,0 dan terakhir di Kepahiang, Bengkulu pukul 18:06:58,2 WIB.

Sedangkan untuk wilayah DIY, masyarakat dapat mulai menyaksikannya pada pukul 17:26 sampai 17:37 WIB. Namun ada sedikit perbedaan untuk Sleman, di mana fenomena gerhana baru dapat diamati pukul 17:27 WIB.

 

SHARE
Previous articleSHOP’ARTHOLIC 2016
Next articleMIND YOUR BUSINESS
Redaksi
Kotajogja.com merupakan situs yang berisi berbagai informasi dan seluk beluk Yogyakarta. Hadir sejak 2011, kini kotajogja.com memberikan tampilan dan isi yang lebih fresh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY