[UPDATE] Tempat Wisata yang Instagramable Di Jogja

2003
gambar ilustrasi

Siapa disini yang sering liburan sambil hunting foto? Pasti hampir semua orang tidak mau ketinggalan mengabadikan liburan mereka dalam sebuah jepretan foto bukan. Bahkan tidak sedikit orang yang berlibur ke suatu tempat karena memang tujuannya ingin berfoto ria. Tren inilah yang membuat banyak tempat wisata memperindah wisata yang mereka kelola agar banyak orang yang mengunjunginya.

Hal tersebut tidak berbeda dengan lokasi-lokasi wisata di Jogja. Para pengelola wisata di Jogja juga ikut berlomba-lomba membuat seunik mungkin wisata mereka. Dengan membuat lokasi wisata menjadi unik, akan banyak pengunjung yang datang dan mengabadikan momen-momen di tepat tersebut. Hal ini tentu saja juga bisa menjadi media promosi wisata tersebut. Berikut beberapa lokasi wisata baru yang cocok menjadi koleksi dalam album instagram kamu.

Bukit Panguk, Kediwung, Bantul

Bukit Panguk (sumber: foto IG dedetisnopic)
Bukit Panguk (sumber: foto IG dedetisnopic)

Pernah melihat postingan di akun-akun wisata Jogja dimana seseorang berdiri di sebuah gardu pandang sambil menatap cahaya matahari pagi dengan lautan awan di hadapannya? Postingan-postingan foto dengan view seperti memang banyak ditemukan. Tetapi beberapa minggu terakhir ada tempat semacam itu yang sedang ngehits, namanya Bukit Panguk.

Bukit Panguk sendiri berada di Kawasan Mangunan, Bantul. Meskipun pemandangan yang disuguhkan disini hampir sama dengan beberapa wisata yang ada di Mangunan, seperti perbukitan hijau dan lautan awan, namun tetap memiliki feel yang berbeda-beda.

Rute menuju Bukit Panguk, dari kota Jogja/Gunungkidul ambil arah menuju Dlingo sampai akhirnya di kawasan Mangunan. Dari sini terus ambil arah menuju Kediwung. Sampai disini kamu tinggal mengikuti petunjuk jalan saja.

Disarankan agar kendaraanmu dalam kondisi prima karena jalan menuju Bukit Panguk cukup ekstrim dan di beberapa titik jalan masih berbatu.

Bukit Mojo

Bukit Mojo (sumber: foto IG anggaardani07)
Bukit Mojo (sumber: foto IG anggaardani07)

Bukit Mojo berada di kawasan Mangunan, Bantul. Tempat ini tergolong masih sangat baru karena baru diresmikan tanggal 24 juli 2016 lalu. Bukit Mojo menawarkan pemandangan yang tak kalah indahnya dengan Kebun Buah Mangunan. Pemandangan yang paling khas dari Bukit Mojo adalah sungai awan dan perbukitan hijau khas Mangunan. Jika kamu beruntung dan cuaca sedang cerah, kamu akan mendapati sunrise yang spektakuler dari Bukit Mojo.

Bukit Mojo terletak di Mangunan, Dlingo, Bantul. Untuk menuju kesini, rute yang harus dilewati hampir sama dengan rute ke Bukit Dlingo sampai bertemu pertigaan dengan petunjuk arah Bukit Panguk dan Bukit Mojo. Dari sini ambil arah ke kanan menuju Bukit Muju. Kurang lebih 1 km melalui jalan desa, sampailah di Bukit Mojo.

Bukit Mojo (sumber : foto IG norel08)
Bukit Mojo (sumber : foto IG norel08)

Bukit Mojo ini terletak di Gumelem, Mangunan, Dlingo, Bantul. Rute untuk sampai ke bukit Mojo ini hampir sama kalau mau ke arah Bukit Panguk, jalannya masih searah tapi nanti ada pertigaan tanda arah kalau ke kiri ke bukit Panguk, kita ambil jalan ke kanan ke arah bukit Mojo. Dari sini kurang lebih 1 km masuk melewati jalan desa dan ikuti petunjuk arah yang ada hingga nanti sampai ke bukit Mojo ini.

Watu Tekek, Kulon Progo

Watu Tekek (sumber : foto IG dwiharika)
Watu Tekek (sumber : foto IG dwiharika)

Keindahan Perbukitan Menoreh memang sudah tidak diragukan lagi. Nah, jika kamu terbiasa menikmati keindahan Perbukitan Menoreh dari Kali Biru, coba kamu sesekali mampir ke Watu Tekek yang masih berada di kawasan Perbukitan Menoreh.

Watu Tekek berada di Desa Madigondo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Ikon wisata Watu Tekek ini adalah sebuah gardu pandang yang berada di sebuah pohon yang terlihat sudah kering dengan jembatan kayu sebagai penghubungnya. Karena gardu pandang dibuat seperti rumah pohon, kamu diminta untuk hati-hati. Kapasitas gardu pandang inipun hanya untuk 4 orang.

Pantai Pasir Kadilangu, Kulon Progo

Pantai Pasir Kadilangu (sumber : foto IG norel08)
Pantai Pasir Kadilangu (sumber : foto IG norel08)

Kalau kamu main ke kawasan Hutan Mangrove Kulon Progo, coba mampir ke Pantai Pasir Kadilangu. Pantai Pasir Kdilangu merupakan empat wisata utama di kawasan Hutan Manrove Kulon Progo selain Jembatan Api-Api, Wanatirta Pasir Mendit, dan Maju Lestari.

yang membuat berbdea kawasan Pantai Pasir Kadilangu dengan wisata lain yang ada di Hutan Mangrove Congot adalah tulisan-tulisan yang cukup menggelitik dan yang beberapa terkahir ini ngehits di instagram adalah jembatan cinta pantai pasir kadilangu.

Untuk berjalan-jalan di kawasan hutan mangrove, pengelola memang memfasilitasi pengunjung dengan jalan-jalan setapak dari bambu. Nah di Pantai Pasir Kadilangu, ada jalan setapak yang dibuat menyerupai bentuk love atau cinta. Cukup unik untuk diabadikan dalam postingan instagram kamu kan?

Hutan Mangrove Congot Kulon Progo berada di daerah Jangkaran, Kulon Progo, tepatnya di perbatasan Jogja-Purworejo. Pintu masuk menuju kawasan hutan mangrove berada di Jalan Daendels, sekitar 300 meter dari Jembatan Congot.

Tulis Komentar

loading...