Menikmati ‘scenery’ Waduk Sermo dari Bukit Pethu

1081
Bukit Pethu (sumber: Edwin Kurniawan)

Perbukitan Menoreh Kulon progo memang menyimpan potensi wisata alam yang sangat besar. Salah satu lokasi wisata populer yang ada di kawasan Perbukitan Menoreh adalah Waduk Sermo.

Waduk Sermo sendiri merupakan waduk buatan yang diresmikan pada tahun 1996. Lokasinya yang dikelilingi perbukitan Menoreh dengan pemandangan hijau dan udaranya yang sejuk menjadi pilihan para wisatawan yang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk kota.

Ada banyak cara menikmati keindahan Waduk Sermo, bisa dari dekat yaitu dengan menyewa perahu mengitari waduk, atau dengan selfie dari Kalibiru.

Mengikuti jejak Kalibiru yang sukses dengan spot selfie yang menjadikan Waduk Sermo sebagai backgroundnya, kini pengelola Waduk Sermo juga memiliki spot selfie yang berada di pinggiran waduk.

Bukit Pethu (sumber: Tribunjogja)
Bukit Pethu (sumber: Tribunjogja)

Pertama kali ide ini tercetus dari anggota karang taruna Dusun Tegalrejo. Mereka terinspirasi dari spot selfie yang ada di Kalibiru. Ide tersebut akhirnya terealisasi dengan obyek wisata yang bernama Pesona Bukit Pethu Waduk Sermo yang menjadikan dua gardu pandang langsung menghadap ke Waduk Sermo sebagai ikonnya.

Ide Bukit Pethu ini juga muncul sebagai alternative wisata bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan waduk tanpa harus mengelilingi waduk dengan perahu. Dua gardu pandang yang disediakan masing-masing memiliki tinggi kurang lebi 2,5 meter. Pengunjung dapat menggunakan gardu pandang tersebut sebagai tempat foto dengan waduk sermo dan perbukitan Menoreh sebagai backgroundnnya.

Untuk menjaga keamanan pengunjung, di masing-masing gardu pandang telah disediakan alat pengaman. Sedangkan biaya untuk menaiki gardu pandang, setiap pengunjung dikenai biaya Rp 5ribu per orang. Disamping itu, pengelola juga menyediakan jasa foto dengan tariff Rp. 5ribu rupiah per foto, dengan minimal order 3 foto.

Untuk menambah kenyamanan, pengelola menyediakan beberapa gazebo untuk para pengunjung bersantai. Di sekitar bukit juga terdapat beberapa penjual makanan dan minuman.

Pengunjung dapat mengunjungi Bukit Pethu setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore. Untuk menuju Bukit Pethu, pengunjung cukup mengitari jalan lingkar Waduk Sermo dan mengikuti papan petunjuk yang telah disiapkan pengelola.

Tulis Komentar

loading...