Yuk Matikan Lampu Besok Malam, Langit Bakal Terlihat Lebih Cantik dari Biasanya!

1229

Thomas Djamaluddin selaku Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional sekaligus ahli astronomi dan astrofisika mengimbau kepada masyarakat luas agar ikut serta dalam event kampanye ‘Malam Langit Gelap’. Thomas yang merupakan lulusan Kyoto University, Jepang, ini lewat akun facebooknya mengajak masyarakat untuk mematikan lampu besok sabtu malam.

LAPAN sendiri telah menetapkan tanggal 6 Agustus sebagai Hari Keantariksaan. Tanggal tersebut dipilih karena Indonesia sedang dalam musim kemarau sehingga kemungkinan langit cerah lebih besar. Karena itu, setiap tanggal tersebut, LAPAN mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung ‘Malam Langit Gelap’ dengan mematikan lampu selama satu jam, mulai pukul 20.00 WIB – 21.00 WIB.

Pada waktu tersebut, cahaya senja telah menghilang, dan dengan mematikan lampu, maka langit terlihat lebih cerah dan bintang-bintang akan terlihat jelas.

“Kita bisa melihat rasi Angsa (Cygnus) di langit utara dengan Segitiga Musim Panas (Summer Triangle), tiga bintang terang di sekitar rasi Angsa, yaitu Vega, Deneb dan Altair,” tulis Thomas dalam akun Facebooknya.

“Di langit selatan kita bisa melihat rasi Layang-layang atau Salib Selatan (Crux) yang sering digunakan sebagai penunjuk arah selatan. Hampir di atas kepala kita saksikan rasi Kalajengking (Scorpio) dengan bintang terang Antares,” tambahnya.

Selain itu pada sabtu malam tersebut, saat malam tanpa bulan, kita dapat melihat planet Mars dan Saturnus bersanding dengan bintang raksasa merah Antares.

“Mematikan lampu luar selama satu jam juga ikut mengampanyekan hemat energy, seperti Earth Hour”, tutup Thomas.

Tulis Komentar

loading...