Hutan Mangrove Congot, Kulon Progo

0
6197

KOTAJOGJA.COM – Apa yang terbesit di pikiranmu ketika mendengar wisata Kulon Progo? Waduk Sermo? Kali Biru? Atau Pantai Glagah? Ketiga wisata itu memang menjadi landmark wisata Kulon Progo. Tapi kalau kamu sering melihat hashtag #wisatakulonprogo di social media, pastinya kamu bakal menemukan foto-foto menarik yang menampilkan wisata hutan mangrove. Memang ada wisata hutan mangrove di Kulon Progo? Ada donk, yuk cari tau infonya

hutanmangroveHutan Mangrove Congot Kulon Progo berada di daerah Jangkaran, Kulon Progo, tepatnya di perbatasan Jogja-Purworejo. Pintu masuk menuju kawasan hutan mangrove berada di Jalan Daendels, sekitar 300 meter dari Jembatan Congot.

Hutan mangrove yang memanjang ke arah barat Sungai Bogowonto ini awalnya di kelola oleh seorang mahasiswa S2 UGM yang biasa dipanggil oleh warga sekitar dengan sebutan ‘Cut’.  Awalnya Beliau menanam mangrove sebagai penelitian S2-nya di UGM. Dan hingga kini hutan mangrove bermanfaat  untuk mencegah abrasi dan terus berkembang menjadi objek wisata.

Sampai sekarang, setidaknya ada empat area wisata di kawasan Hutan Mangrove Congot Kulon Progo, yaitu Jembatan Api Api, Pantai Pasir Kadilangu, Wanatirta Pasir Mendit, dan Maju Lestari. Dari ke-empat spot wisata tersebut, Jembatan Api Api lah yang paling nge-hits. Ini bisa dilihat dari banyaknya postingan dari hashtag #jembatanapiapi. Nama Jembatan Api Api sendiri diambil salah satu jenis mangrove yang ditanam di kawasan hutan mangrove tersebut.

Jembatan Api Api (berbagifun.com)
Jembatan Api Api (berbagifun.com)

Tiket masuk Hutan Mangrove berbeda di setiap spot wisatanya. Untuk tiket masuk Jembatan Api Api sendiri 4000/orang, sedangkan untuk parkir 5000/mobil dan 2000/motor.

Untuk menjelajahi Hutan Mangrove Congot, pengunjung bisa berjalan-jalan di jembatan bambu telah disediakan pengelola. Disini juga disediakan beberapa spot yang bisa digunakan untuk tempat berfoto untuk para pengunjung. Namun spot paling hits yang digandrungi para anak muda adalah jembatan utamanya. Kamu juga bisa mengelilingi hutan mangrove menggunakan perahu lho. Kamu cukup membayar 5000/orang, kamu bisa puas menikmati hijau dan sejuknya pemandangan hutan mangrove.

Akses menuju Hutan Mangrove Congot cukup mudah. Dari kota Jogja ambil arah menuju jalan Jogja-Wates, sampai di pertigaan terminal wates lalu ambil kiri kira-kira 10 km dari terminal wates. Sampai bertemu pertigaan berbentuk huruf (Y) ambil kiri, lurus sampai di Jembatan Congot. Dari situ terus kea rah barat, sekitar 100 meter di kiri jalan ada papan nama Dusun Pasir Mendit, dan kamu tinggal mengikuti petunjuk arahnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here