KOTAJOGJA.COM РGugusan Pegunungan Menoreh yang menjadi sabuk keindahan bagi Kabupaten Kulon Progo bagaikan lampu ajaib yang menyimpan banyak potensi belum tergarap. Tidak beda dengan Aladin ketika menggosokan kedua tangannya muncul keajaiban dari lampunya  begitu juga dengan gugusan Pegunungan Menoreh yang belum banyak dikembangakan untuk diolah menjadi objek wisata alam. Salah satunya adalah keindahan goa kiskendo di perbukitan Kulon Progo.

Goa Kiskendo

Lokasi Goa Kiskendo

Goa Kiskendo yang menjadi salah satu pesona dari Pegunungan Menoreh yang terletak 1200 m dpl yang berhawa segar dan berjarak 35 km arah barat laut Yogyakarta. Akses menuju tempat ini bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan roda empat berukuran keci saja yang dapat sampai di objek wisata ini. Untuk mendapatkan pengalaman wisata perbukitan dengan menyusuri jalan, wisatawan bisa menggunakan bis besar dan berhenti di desa Niten, dekat kantor Kecamatan Giri Mulyo, sekitar 8 km dari goa. Selain dengan kendaraan bermotor, area ini juga sering dijadikan destinasi para pesepeda yang ingin berjelajah di perbukitan menoreh. Tapi anda harus mempersiapkan stamina untuk menahlukkan trek mananjak disini.

Memasuki areal pertamanan Goa Kiskendo kita akan disambut dengan anak tangga yang menjadi kisah awal objek wisata ini. Dari pintu masuk kita menuruni tangga yang berkelok menuju mulut Goa Kiskendo. Terdapat anjungan permainan seperti jungkat jungkit, seluncuran dan permaian memanjat. Selain objek wisata goa, ditempat ini sangat cocok untuk wisata alam berbentuk perkemahan karena didukung dengan bumi perkemahan yang terdapat di bagian atas dan bawah. (aanardian/kotajogja.com)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY