KOTAJOGJA.COM – Air terjun Setawing Jonggrangan sering juga disebut oleh warga sekitar dengan grojogan/curug Ngisor Tawing, karena grojogan ( air terjun ) ini berada di bawah tawing ( tebing) yang kemudian dinamai Curug Setawing. Air terjun ini berada kurang lebih 500 m dari Pasar Jonggrangan, akses jalan menuju air terjun ini berupa jalan setapak cor semen. lokasi air terjun dari tempat parkir motor kurang lebih berjarak 100 m. sebenarnya motor bisa dibawa sampai ke bawah air terjun, namun demi keamanan dan kenyamanan bersama lebih baik dititipkan di area parkir yang sudah tersedia.

Air Terjun Setawing
Air Terjun Setawing

Asal mula Air Terjun Setawing

Disepanjang jalan menuju lokasi kita bisa menikmati hijaunya pepohonan yang berada disekitar dan area sawah yang tidak terlalu luas. Air terjun ini berasal dari berbagai sumber mata air yang berada di atasnya, bentuk dari air terjun ini menyerupai anak tangga (berundak) dari atas memiliki 3x undakan sehingga efek air yang turun tidak langsung jatuh kebawah, namun dari undakan pertama menabrak undakan yang kedua dan kemudian ke bawah, sehingga efek percikan air menyebar dan hembusan anginnya sangat terasa. namun kendala dari air terjun ini ialah debit air yang tidak selalu deras.

Pemandangan Menuju Air Terjun Setawing
Pemandangan Menuju Air Terjun Setawing

Debit air yang banyak akan terjadi  ketika musim penghujan tiba, dengan kata lain bisa dibilang air terjun musiman. Ketika kemarau air hanya kecil dikarenakan sumber mata air yang berada diatasnya sudah habis untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari. Untuk kedepannya mungkin bisa dengan melakukan rekayasa air dari atas agar debit air bisa tersedia terus. Air terjun ini resmi dibuka untuk wisata mulai dari akhir tahun 2014. (aanardian/kotajogja.com)

Lokasi: Jonggrangan Girimulyo KP

SHARE
Previous articleGrojogan Sewu Kulon Progo
Next articleCurug Kembang Soka
Redaksi
Kotajogja.com merupakan situs yang berisi berbagai informasi dan seluk beluk Yogyakarta. Hadir sejak 2011, kini kotajogja.com memberikan tampilan dan isi yang lebih fresh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY