KOTAJOGJA.COM – Museum Tani Jawa Indonesia, terletak di dalam kawasan Kampung wisata Dusun Candran, Desa Kebonagung, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Untuk mengunjungi museum ini dapat ditempuh melalui Jalan Imogiri Timur, kurang lebih 18 km arah selatan dari pusat kota Yogyakarta. Awalnya museum ini berdiri pada tahun 2007, setelah adanya gempa bumi yang melanda daerah Yogyakarta. Sebelumnya sejak 2005 museum ini menempati rumah salah satu warga yang kemudian dipindahkan di atas tanah milik ki Condro (sesepuh desa Candran)

Asal-usul Museum Tani Jawa Indonesia

Awal mula didirikannya museum ini adalah dibentuknya desa wisata pendidikan berbasis pertanian disamping mayoritas penduduk desa berprofesi sebagai petani. Selain itu, museum ini didirikan dengan tujuan agar generasi muda terutama yang mengunjungi museum ini dapat merasakan dan mewarisi nilai nilai sejarah pertanian di Jawa.
tani-jawa-6Museum Tani Jawa Indonesia ini menyimpan berbagai alat pertanian tradisional jawa, khususnya alat pertanian yang dipakai oleh masyarakat di Yogyakarta.  Berbagai macam alat yang menjadi koleksi di museum ini antara lain Peralatan tersebut antara lain lesung, lumping, sabit/arit, luku/bajak, garu, grobak, cangkul, keranjang, wajan, cowek, ani-ani, caping, gosrok dan genthong.

Pengelola Museum Tani Jawa Imogiri setiap tahun mengadakan berbagai acara yang didukung oleh dinas terkait, diantaranya adalah Festival Memedi Sawah dan berbagai lomba yang dibuka untuk umum. Selain itu, Desa Candran sebagai Desa Wisata juga menyediakan fasilitas Live in/ Homestay yaitu menginap langsung di homestay penduduk dan dapat langsung belajar kehidupan masyarakat tani dan tradisi pedesaan kampong jawa. Berbagai hiburan yang disajikan antara lain Tarian Gejog Lesung/ Nini Thowong, Gamelan, Perahu naga, praktik/belajar membatik dan membuat topeng, praktek membuat emping, dan mempelajari berbagai kesenian tradisional.

Khusus untuk Museum Tani Jawa Indonesia yang ada di Kampung Wisata Candran ini terbuka untuk umum, buka mulai hari Senin hingga Minggu, buka pukul 08.00 – 15.00 WIB. (Yogi Cahyadhi)

SHARE
Previous articleBakmi Bandung Kridosono
Next articleEs Buah PK
Redaksi
Kotajogja.com merupakan situs yang berisi berbagai informasi dan seluk beluk Yogyakarta. Hadir sejak 2011, kini kotajogja.com memberikan tampilan dan isi yang lebih fresh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY