KOTAJOGJA.COM – Siapa sih yang tidak akrab dengan yang namanya Angkringan ? Angkringan merupakan tempat berkumpulnya anak-anak muda di Jogja dengan menu andalan yang terkenal yaitu Nasi Kucing. Nasi putih polos atau yang sudah diberi sedikit oseng tempe, oseng teri, atau sambel serta dibungkus dengan daun pisang, Nasi Kucing lebih nikmat bila disantap bersama aneka sate yang tersedia seperti sate usus, sate telur puyuh, sate kerang, sate jamur, sate ayam, gorengan, kerupuk, dan banyak lainnya. Diberi istilah Nasi Kucing karena porsinya yang minimalis, namun justru disitulah ciri khas Angkringan dimulai. Angkringan memiliki konsep sederhana atau merakyat karena tujuannya supaya seluruh lapisan masyarakat dapat berbaur sambil menikmati menu-menu angkringan yang khas tanpa merasa ada batas.

Nasi Kucing
Nasi Kucing

Salah satu sentra Angkringan yang jadi tujuan wisata yakni Angkringan Lik Man. Letaknya di dekat Stasiun Kereta Api Tugu. Angkringan Lik Man termasuk pelopor angkringan di wilayah kota Jogja yang kini semakin banyak tersebar dan hadir bagaikan jamur di musim penghujan. Selain itu, Angkringan Lik Man juga menjadi angkringan pertama yang berani menghadirkan inovasi menu minuman kopi baru yang unik yang juga menjadi ciri khas yang wajib anda coba yaitu Kopi Joss. Kopi Joss, adalah kopi panas yang diberi atau dicelupkan dengan arang panas juga, bahkan yang masih membara. Kata joss itu sendiri konon berasal dari suara arang panas membara yang bertemu dengan kopi yang juga asama panasnya, sehingga seklias terdengar seperti “joss” ketika dua hal tersebut bertemu.

Rasanya unik, tapi nikmat dan segar, sensasi baru bagi anda yang suka mencoba kuliner baru khususnya kopi. Di Jogja anda bisa menemukan menu kopi joss ini di angkringan-angkringan yang berjejer di jalan dekat Stasiun Tugu. Tidak semua angkringan menawarkan kopi joss sebagai salah satu menu minumannya. Salah satu diantara yang punya kopi unik ini adalah angkringan Lik Man yang merupakan angkringan legendaris di Jogja, karena pedagangnya adalah perintis pertama usaha angkringan di kota pelajar ini. Angkringan ini berjualan sejak tahun 1950-an dan diwariskan ke Lik Man tahun 1969 kemudian seiring perkembangannya muncullah angkringan-angkringan lain di kawasan ini.

Suasana Angkringan Lik Min
Suasana Angkringan Lik Min

Sentra angkringan ini buka mulai pukul 18.00 hingga larut malam, lokasinya dekat Stasiun Tugu, dari stasiun jalan hingga menemukan jalan kecil ke arah barat, lalu berbelok, tidak jauh dari belokan itu tepat di sebelah kiri jalan. Harga yang dibandrol untuk menu makanan juga minuman yakni mulai Rp.1000,00. Seru bukan? Jangan lewatkan untuk menghabiskan malam di sentra Angkringan dekat Stasiun Tugu ini bila anda mengunjungi Jogja. Rasakan atmosfer tempat nongkrong rakyat yang benar-benar mencerminkan betapa nyamannya Kota Jogja itu sendiri. (Arisca Meir/kotajogja.com)

Lokasi: Jl. Wongsodirjan, Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta

SHARE
Previous articleMie Ayam SMPN 11 Yogyakarta
Next articleDesa Pendowoharjo
Redaksi
Kotajogja.com merupakan situs yang berisi berbagai informasi dan seluk beluk Yogyakarta. Hadir sejak 2011, kini kotajogja.com memberikan tampilan dan isi yang lebih fresh.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY