KOTAJOGJA.COM – Malam itu seperti malam-malam sebelumnya cuaca cerah, udara yang bersahabat untuk berkeliling kota. Laju kendaraanku terhenti pada sebuah keramaian dimana banyak orang berkumpul saling bercerita dan menyeduh minuman hangat dari jeruk, teh, kopi dan jahe. Angkringan KR banyak orang menyebutnya dikarenakan persis di teras depan surat kabar harian Kedaulatan Rakyat koran tertua di regional Jateng DIY.

Setelah urusan parkir kendaraan selesai kemudian saya melangkah menuju angkringan untuk pesan Jeruk Panas agar bisa menikmati suasana angkringan ini dengan jeda waktu yang lama. Duduk di area ruang pameran KR saya merasakan kehangatan suasana di angkringan ini, setiap kelompok membentuk pembicaraan yang berbeda-beda, mulai dari sepakbola, musik, sepeda, sosial hingga urusan pribadi alias curhat colongan 🙂

Penjual Cekatan Melayani Pengunjung
Penjual Cekatan Melayani Pengunjung

Kembali berdiri untuk merasakan nikmatnya gorengan yang masih banyak dengan menu tempe, tahu, pisang dan bakwan. Sebelum beranjak menuju tempat duduk, saya sempat ngobrol bentar dengan mas Yitno salah satu pengunjung.

“Angkringan adalah salah satu alasan kenapa saya selalu merindukan Jogja, kota yang seakan-akan waktu berjalan lambat menikmati setiap putaran waktu tanpa terasa harus bergerak cepat,” ungkap putra asli kelahiran Turi Sleman.

Kehadiran mas Yitno di angkringan KR dikarenakan mendapat tugas di kota ini selama tiga hari. Mas Yitno menceritakan kebahagiaannya mendapat tugas di kota Jogja walau hanya beberapa hari. Dia sempat berujar bahawa kepenatan ibukota bisa dilupakan sejenak dengan meregangkan pikiran dan otot-otot di kota ini.

Pengunjung Angkringan KR
Pengunjung Angkringan KR

Tak lama kemudian saya pamit undur untuk menikmati suasana Angkringan KR dengan sayup terdengar orang menyanyikan lagu Yogyakarta dari ujung teras sebelah utara. Melihat pemilihan lagu tersebut, kedua musisi tersebut pintar dalam mengemas suasana angkringan dengan lagu yang tidak bisa lepas dari kota ini untuk mendapatkan banyak pemasukan dari para pengunjung di sini.

Angkringan KR sering menjadi titik kumpul bagi para sahabat yang terpisah karena tuntutan hidup untuk merasakan energi romantisme masa lalu. Banyak kelompok yang datang di angkringan KR pada waktu ini bersifat reuni walau kecil-kecilan. (konten: aan ardian/kotajogja.com)

Lokasi: Depan SKH Kedaulatan Rakyat Jl. Margo Utomo (Jl. P. Mangkubumi)

Tulis Komentar

loading...
BAGIKAN
Artikel SebelumnyaBakso Krezz Asli Malang
Artikel BerikutnyaEs Buah Pak Lantip