KOTAJOGJA.COM – Mi atau mie adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Istilah ini juga merujuk kepada mi kering yang harus dimasak kembali dengan dicelupkan dalam air. Orang Italia, Tionghoa, dan Arab telah mengklaim bangsa mereka sebagai pencipta mi, meskipun tulisan tertua mengenai mi berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi. Pada Oktober 2005, mi tertua yang diperkirakan berusia 4.000 tahun ditemukan di Qinghai, Tiongkok. Itulah sekelumit kisah sejarah Mie yang memberikan warna dan keragaman dalam peradaban manusia di bidang kuliner atau makanan.

Seporsi Mie Ayam Bakso Dan Es Jeruk
Seporsi Mie Ayam Bakso Dan Es Jeruk

Memasuki era modern ini, mie masih terus menjadi salah satu jenis makanan yang tetap bertahan dengan beberapa variasi penyajian sesuai dengan pangsa pasar konsumen yang dibidiknya. Kali ini tim redaksi www.kotajogja.com melakukan penjelajahan kuliner di seputaran Jalan Sagan-yang banyak menawarkan kelezatan dan tentunya kenikmatan rasa– tepatnya di Mie Jakarta yang lebih dua dasarwarsa menemani penikmat kuliner di daerah ini.

Datang dengan semangat penaklukan untuk menutupi rasa lapar, meja nomor 13 menjadi tempat kami transit untuk merasakan nikmatnya kuliner dari negeri China ini. Kebetulan kami memilih menu yang sama yaitu Mie Lengkap (Daging ayam cincang, pangsit basah, kering dan satu mangkok kuah berisi 2 buah bakso) dengan ditemani satu gelas jeruk hangat.  Yang membedakan Mie Jakarta dengan mie lainnya terletak pada penggunaan mie Kwetiau — mi asal Tiongkok, tepung beras yang dalam pembuatannya dilakukan dengan menarik mi dengan tangan.

Pengunjung Mie jakarta
Pengunjung Mie jakarta

Kenikmatan yang lain adalah, kita bisa melihat banyak jenis pigura yang terpampang di dinding dengan foto-foto yang banyak bercerita tentang banyak hal, selain itu kita bisa merasakan hiruk pikuknya jalanan dengan berbagai tujuan dari para pengendara di jalan Sagan ini. Sampai jumpa lagi dengan kisah kita mengenai kuliner Jalan Sagan yang masih banyak lagi kita jelajahi bersama. (aanardian/kotajogja.com)

Lokasi: Jl. Sagan No 63 Caturtunggal Depok Sleman DIY

Tulis Komentar

loading...