KOTAJOGJA.COM – Merdeka adalah pekik semangat juang yang sering kita lihat di acara-acara nasional seperti Hari Pahlawan, 17 Agustus dan ceremonial yang mengenang para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Selain itu, pekik merdeka juga bisa kita lakukan ketika kita bisa lepas dari penjajahan kelaparan. Perasaan merdeka dari kelaparan itulah yang kami rasakan ketika perut terisi Mieyaso atau Mie Ayam Bakso Warung Merdeka yang berlokasi di jalan Parangtritis – Imogiri KM. 12.  Siang itu kami banyak bertemu dengan orang-orang yang senasib dengan kami untuk merdeka dari rasa lapar. Di warung ini saya tidak hanya terbebas dari lapar tapi mendapatkan cita rasa mieyaso yang enak, lezat dan tentunya porsi yang banyak sehingga kenyangpun terasa sekali.

Seporsi Mie Ayam Bakso dan Es Jeruk
Seporsi Mie Ayam Bakso dan Es Jeruk

Olahan mieyaso ala kedai Merdeka ini berbeda dengan mieyaso kebanyakan. Mieyaso khas Merdeka ini kombinasi mie ayam dengan bakso goreng dan rebus. Bakso gorengnya di iris kecil dan bakso rebus atau basahnya asli belum dipotong-potong. Kelezatan dan kenikmatan Mieyaso Merdeka bisa dibuktikan dari antrian panjang para pembeli menunggu menu pesanannya, hal ini pun tidak luput kepada saya. Kedatangan saya di warung ini pukul 12:15 WIB dan saya baru bisa makan sekitar pukul 12:30 WIB, perlu waktu 15 menit untuk merasakan cita rasa mieyaso olahan mas Johan.

Waktu 15 menit kami gunakan untuk mengambil gambar sekalian ngobrol sebentar dengan beberapa pengunjung untuk mengetahui alasan mereka rela antri untuk menikmati menu olahan Kedai Merdeka ini. Dari beberapa obrolan singkat, rata-rata mereka setuju dengan apa yang kami tanyakan tentang kelezatan Mieyaso olahan kedai Merdeka. Menurut Mas Aji, salah satu pembeli di warung ini menceritakan kepada saya, menu favoritnya yaitu Mieyaso karena olahan yang berbeda dengan mieyaso lainnya. Menurut dia mieyaso khas kedai Merdeka ini layak mendapat apresiasi karena rasanya yang gurih serta pemakaian jenis mie yang kenyal hingga membuatnya kenyang.

Pengunjung Mie Ayam Bakso Merdeka
Pengunjung Mie Ayam Bakso Merdeka

Hal yang menarik dari warung ini adalah keberadaannya yang jauh dari pemukiman penduduk namun kelarisannya tidak kalah dari tempat yang strategis dan ramai. Mas Johan sebagai pemiliki kedai ini pun berbagi tips dengan saya bagaimana membuat warungnya menjadi laris manis.

Pria asal Imogiri ini pun bercerita, peratama kali kita harus jeli memilihi bahan-bahan baku serta teliti melihat kadaluarsa dari dari produk yang akan kita jual. Selain itu kedisiplinan dalam berjualan sangat diperlukan, jangan sampai kita angin-anginan dan membuat pembeli kecewa dan tidak mau kembali lagi, ungkap pria penghobi burung kicauan ini. Setelah selesai ngobrol ngalor ngidul, akhirnya pesanan saya datang dan segera saya menikmati Mieyaso kedai MErdeka. Satu seduhan pun bisa saya rasakan kenikmatan dan kelezatannya, setelah itu satu demi satu sendok pun terus menerus saya lahap hingga bersih tuntas.

Rasa manis bercamput gurih dengan sedikit pedas membuat menu Mieyaso olahan mas Johan layak untuk dicoba, sekalian merasakan nikmatnya perjalanan jauh dari pusat kota. Perlu diketeahui, lokasi Mieyaso Merdeka ini berada di jalur Jalan Parangtritis KM 12 – Imogiri sehingga jarah tempuhnya lumayan jauh dari pusat kota. (aanardian/kotajogja.com)

Lokasi: Jl. Parangtritis – Imogiri KM.12

SHARE
Previous articleDesa Wisata Kalibiru
Next articleMie Ayam Bakso Ambarrukmo
Redaksi
Kotajogja.com merupakan situs yang berisi berbagai informasi dan seluk beluk Yogyakarta. Hadir sejak 2011, kini kotajogja.com memberikan tampilan dan isi yang lebih fresh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY