KOTAJOGJA.COM – Warung sate Pak Tris yang menawarkan menu serba kambing ini terletak di dusun Kronggahan, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju ke tempat ini sangat mudah, dari terminal jombor masuk kearah barat sampai dipertigaan yang ditengahnya ada pohon beringin kanan jalan. Karena letaknya dekat pohon beringin, sate pak Tris ini lebih terkenal dengan nama sate beringin.

Seporsi Nasi Sate Dan Es Jeruk
Seporsi Nasi Sate Dan Es Jeruk

Meski namanya sate, di warung ini anda tidak akan menemukan arang ataupun daging yang ditusuk dengan lidi. Kenapa? Karena warung ini hanya menyediakan sate goreng. Awalnya Pak Tris menjual sate bakar, mulai tahun 1980 Pak Tris mencoba menjual sate goreng, dan hasilnya sangat memuaskan. Setiap harinya bapak 6 anak ini memotong 6 ekor kambing, jika sedang ramai bisa sampai 7 atau 8 ekor kambing yang dipotong. Pak Tris memiliki keahlian memasak sate dari kakeknya Wongsoredjo. Selain menu andalannya sate goreng, ada juga tengkleng, tongseng, gule, yang semuanya serba kambing. Kelezatan sate goreng dan tongseng cukup anda bayar dengan 10.000 rupiah, tengkleng 6.500 rupiah, dan gule 6.000 rupiah. Cukup murah bukan?.

Warung yang dirintis sejak tahun 1978 oleh Sutrisno Hadipandoyo ini, buka dari jam 8 pagi hingga 3 sore. Pelanggan warung ini datang dari berbagai macam kalangan, diantaranya pegawai pemerintahan di Sleman, para pekerja pabrik, polisi, sampai orang yang datang dari luar kota sekedar untuk mencicipi sate yang terkenal ini.

Pengunjung Sate Kronggahan
Pengunjung Sate Kronggahan

Keempukan daging yang pas, tidak prengus (bau khas kambing), dan bumbu yang terasa pas dilidah, membuat sate ini disukai banyak orang. Salah satunya yakni pak Bondan Winarto yang terkenal dengan tag line nya “maknyus”.

Jadi, jika anda pengemar daging kambing jangan lewatkan sate goreng beringin yang maknyus ini. (Ani Latifa/ kotajogja.com)

Lokasi: Kronggahan, Mlati, Sleman.

Telepon: 0274 6415148

SHARE
Previous articleLesehan Aldan
Next articleSoto Ayam Pak Gareng
Redaksi
Kotajogja.com merupakan situs yang berisi berbagai informasi dan seluk beluk Yogyakarta. Hadir sejak 2011, kini kotajogja.com memberikan tampilan dan isi yang lebih fresh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY