KOTAJOGJA.COM – Menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit banyak cara untuk dilakukan, salah satunya berburu menu kuliner untuk berbuka puasa. Hal ini tentunya sangat menyenangkan apabila dilakukan bersama keluarga, kerabat ataupun teman-teman dekat.

Kali ini saya ingin mengajak pembaca untuk mengikuti reportase kuliner welut yang menjadi salah satu ciri khas Godean yang sudah terkenal di seantero Jogja dan sekitarnya. Jenis kuliner ini sudah memiliki pangsa pasar tersendiri sehingga tidak terlalu sulit untuk mengkonsumsinya.

seporsi nasi, welut bakar kecap, sayur ca tauge dan es jeruk
seporsi nasi, welut bakar kecap dan sayur ca tauge

Bertempat di sebuah wilayah jauh dari pusat kota Jogja, saya menyambangi sebuah restoran yang terkenal dengan menu spesial welut yang enak dan mantab. Tidak jauh dari Pasar Godean, restoran ini memiliki tempat yang nyaman dengan desain struktur bambu yang menjadi ciri khasnya.

Antrian panjang dan menunggu adalah hadiah awal saya ketika tiba di tempat ini. Berjubelnya pengunjung menunjukkan warung ini sudah terpercaya cita rasanya sehingga saya pun tidak masalah ketika harus menunggu antrian panjang dan lama.

Pengunjung Warung Special Welut
Pengunjung Warung Special Welut

Kurang lebih 20 menit saya mengantri, akhirnya datang juga pesanan saya, satu porsi welut bakar kecap yang hitam manis dengan sayur ca tauge, nasi putih dan es jeruk segar. Kedua tangan saya pun langsung tancap gas, mencolek sedikit welut goreng dan mak lheb terasa manis sekali kuliner ini.

Setelah menyelesaikan menyantap menu ini, saya langsung bertanya kepada Bu Esti pemilik warung ini. Beliau menjelaskan kepada saya, bahwa usahanya sudah berjalan kurang lebih 1,5 tahun dan respon masyarakat pun tinggi sehingga membuat perempuan paruh baya ini terus berinovasi dalam bisnisnya. Beberapa menu khas buatan bu Esti hanya bisa didapat di warung beliau, yaitu Welut Sambel Uleg, dan Welut Bakar Kecap. (aanardian/kotajogja.com)

Lokasi: Jl. Godean-Seyegan, Jowah Sidoagung Godean

Telepon: 0274 – 6659269

Tulis Komentar

loading...