Myth Line Trip Di Jogja

0
2639

Jogja sudah lama dikenal dengan kebudayaan jawanya yang masih sangat kental. Terlebih dengan keberadaan Keraton Yogyakarta yang hingga kini masih terjaga budayanya. Karena itu, tidak heran jika di Jogja masih sangat kental dengan mitos-mitosnya. Salah satunya adalah Garis Imajiner yang menghubungkan Laut Selatan – Panggung Krapyak – Keraton Jogja – Tugu Jogja – Gunung Merapi.

Nah buat kamu yang tertarik menelusuri Garis Imajiner ini, bisa banget lho. Bahkan hanya dalam waktu sehari, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat sekaligus, asal dengan manajemen waktu yang baik. Yuk Simak!

Menyambut Matahari Pagi di Merapi

jogja1Menyambut pagi di Merapi bisa menjadi pilihan yang tepat. Menjelajah jejak-jejak dasyatnya letusan merapi dengan mengendarai Jeep 4WD. Siap-siap berdag-dug ria melewati medan offroad disini. Tanah berpasir dan batuan besar yang terjal akan memacu jantung Anda. Setelah sekitar 20 menitan menikmati wisata adrenalin, sampailah di Puncak Merapi. Disini Anda bisa berelaksasi menghirup udara segar khas Merapi.

Kuliner rekomendasi untuk pagi anda di Merapi, Anda bisa memilih Jadah Tempe. Jadah Tempe ini berupa jadah (ketan gurih) yang dinikmati bersama tempe atau tahu bacem. Di sepanjang Jalan Kaliurang, banyak sekali penjual-penjual yang menjajakan Jadah Tempe. Tapi jika Anda ingin mencicipi Jadah Tempe legenda, Anda bisa mampir ke warung Jadah Tempe Mbah Carik.

Wisata Sejarah dan Belanja di Keraton, Taman Sari, dan Pasar Beringharjo

jogja2Setelah menikmati pagi yang segar di puncak Merapi, saatnya berwisata di Kota Jogja. Ada 3 tempat yang bisa dikunjungi di pusat Kota Jogja, yaitu Keraton, Taman Sari dan Pasar Beringharjo. Di Keraton anda bisa menemukan kearifan Jogja yang sebenarnya. Keraton merupakan pusat kebudayaan jawa di Jogja. Disini Anda bisa melihat bagaimana budaya Jawa hidup dan senantiasa dijaga. Banyak yang bisa dilakukan disini, mulai dari melihat keseharian para abdi dalem hingga melihat koleksi-koleksi benda-benda keraton.

Tak jauh dari Keraton, ada satu spot yang terkenal dikalangan para fotografer, Taman Sari. Taman Sari sendiri dulunya merupakan taman atau kebun istana Kraton Yogyakarta. Saat awal pembangunannya, Taman Sari mirip seperti pulau buatan yang dikelilingi danau buatan dan berbagai tanaman. Selain melihat bagaimana megahnya kebun istana, Anda juga bisa mengekspresikan hobi fotografi. Ada beberapa spot menarik untuk diabadikan dalam jepretan kamera anda, antara lain umbul (kolam pemandian), lorong bawah tanah, dan Sumur Gumuling.

Puas setelah menjelajah masa lalu keraton Yogyakarta, saatnya memuaskan diri untuk berwisata belanja di Pasar Beringharjo. Pasar Beringharjo dikenal sebagai pusat batik di Jogja. Berbagai koleksi jenis batik ada semua. Mulai batik kain maupun sudah jadi pakaian, dari yang berbahan katun hingga sutra, dan harga puluhan ribu sampai hampir sejuta tersedia di sini. Selain batik, berbagai souvenir khas Jogja dan item fashion juga bisa ditemukan disini, tentu saja dengan harga yang lebih miring. Di Pasar Beringharjo juga terdapat food court yang bisa menjadi tempat untuk bersantap siang, atau Anda juga bisa mencicipi pecel yang banyak dijajakan di depan Pasar Beringharjo.

Menikmati Senja di Pantai Parangtritis

jogja3Saat sore menjelang, namanya bukan liburan di Jogja jika anda kembali ke hotel. Lanjut menyusuri jalan Jogja menuju ujung selatan Jogja, Pantai Parangtritis. Anda bisa bergeser sedikit ke Pantai Depok untuk menikmati makan malam Anda. Di Pantai Depok Anda akan menemukan jejeran warung makan untuk bersantap seafood. (hika/kotajogja)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY