Untuk mewujudkan Jogja Kota Sepeda salah satu yang penting adalah memiliki jalur khusus sepeda yang layak dan aman bagi pesepeda. Tujuan dari jalur khusus sepeda adalah memisahkan antara sepeda dengan pengguna kendaraan bermotor. Sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan. Sepeda masih ideal digunakan untuk aktifitas transportasi dalam kota kurang dari 10 km.

Namun sayang di Jogja ini jalan terlanjur berukuran sempit, tidak terlalu lebar dan kadang trotoar pun juga minim, Beberapa jalan sudah dibuat tanda khusus sepeda, tetapi masih saja digunakan pengendaraan bermotor, parkir mobil dan motor. Bahkan rata-rata jalur sepeda rusak dan berlobang karena bagian pinggir sering dipake untuk drainase pembuangan air.

lajur-sepeda-1
Lubang Drainase di Pinggir Lajur Sepeda

Di Jogja Jalur sepeda sudah dibuat dengan memberikan garis pada jalan. Namun yang terjadi jalur sepeda tersebut digunakan untuk parkir dan tercampur pengguna kendaraan lain. Jalur sepeda di Jogja pun juga kurang nyaman karena biasanya sering banyak ditemui drainase pembuangan air di jalur sepeda tersebut.

lajur-sepeda-2
Contoh Jalur Hijau di UI berbagi dengan pejalan kaki

Di beberapa kota lain sudah melakukan pembuatan jalur hijau antara lain bandung dan jakarta. Selain itu kampus-kampus juga sudah membuat jalur khusus sepeda. Contoh menarik dari kampus UI. Dibuat jalur khusus di luar jalan utama. Dalam 1 jalan tersebut dibuat 2 arah kanan dan kiri.

Untuk membuat nyaman selain dipisah, jalur sepeda haruslah hijau dengan tanaman rindang di tepinya. Sehingga mengurangi panas ketika siang hari. Kalau bisa seperti dibawah ini orang tidak takut panas dan tidak takut hitam karena gowes.
lajur-sepeda-3
Kalau Jogja bisa memiliki jalur-jalur khusus sepeda, saya yakin pasti akan banyak yang menggunakan moda transportasi yang membuat kita juga sehat ini.  Sangat mengharapkan Pemerintah Daerah DI Yogyakarta baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk mulai menginisasi jalur-jalur khusus sepeda.
jalur-sepeda-(1)
lajur-sepeda-4
Tidak semua jalan harus ada, tetapi harus ada dan diadakan. Harus dirintis, dan diperbanyakan. Jangan sampai dari puluhan tahun di Jogja ini tidak mulai bergerak untuk menciptakan moda transportasi yang lebih sehat, lebih green dan menjadikan Jogja ini Kota yang nyaman.
Salam
Wujudkan Jogja Kota Sepeda
Yuda Wicaksana Putra

Tulis Komentar

loading...