KOTAJOGJA.COM – Air terjun Sri Gethuk terkenal dengan nama air terjun Slempret karena lokasi air terjun tersebut bertempat di lokasi blok Slempret. Tempat tersebut sangatlah indah karena adanya air terjun yang diapit oleh tebing yang sangat tinggi, bahkan tebing tersebut dengan ketinggian sampai dengan 50 m. Dengan suasana yang sangat romantis karena di daerah tersebut adalah merupakan daerah persawahan yang sepanjang tahun tidak pernah mengalami kekeringan. Bahkan di sepanjang tahun tanaman padi selalu menghijau silih berganti. Dengan topografi berbukit dengan banyak sekali tumbuh pohon kelapa, sehingga suara angin bertip akan sangat menghiasi lambaian daun nyiur yang melambai. Disamping itu tempat tersebut adalah merupakan lokasi yang sangat subur karena di dukung dengan 3 sumber mata air yang cukup besar yaitu Sumber mata air dong Poh, Ngandong dan Ngumbul dengan rata – rata debit 30 s/d 60 l/dtk, sehingga di lokasi tersebut seperti di daerah ngarai, bahkan ketika berada di sana seperti kita berada di luar Gunungkidul.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk berada di Padukuhan (Dusun) Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Untuk menuju lokasi bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta.

air terjun sri gethuk

Untuk menuju wisata air terjunya dapat berjalan melewati setapak pematang sawah yang sangat asik karena dapat sambil berpetualang sejauh 450 m dan kemudian menuruni anak tangga 96 anak tangga, Tetapi bagi wisatawan yang tidak ingin keluarkan keringat ada fasilitas perahu tradisional/gethek untuk menuju wisata air terjun tersebut sambil menyusuri tebing indah slempret yang mempunyai ketinggian 50 meter di kanan kiri perjalanan kita sampai di lokasi air terjun.

air terjun sri gethuk

Cerita Air Terjun Sri Gethuk

Menurut cerita legenda nama slempret sebenarnya adalah berasal dari kata Slompret yang merupakan alat musik tiup konon cerita bahwa lokasi tersebut adalah merupakan tempat atau pusatnya para jin/ makhluk halus yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata atau dapat di katakan bahwa tempat tersebut adalah merupakan tempat yang sangat angker dengan nama pimpinan para jin tersebut adalah jin Anggo Menduro. Jin adalah merupakan jin yang sangat menyukai dengan berbagai kesenian, hal tersebut dapat di buktikan bahwa di tempat tersebut pada saat – saat tertentu akan terdengar suara atau disebut dengan bahasa jawa pandulon yang suara tersebut kalau di dengarkan di lokasi padukuhan Menggoran dan sekitarnya suara tersebut berasal dari lokasi air terjun tetpai kalau didekati suara itu akan hilang, suara tersebut adalah suara dramben dengan suara yang sangat dominan adalah suara slompret maka tempat tersebut di kenal sebagai sebutan Slompret atau kemudian di sebut Slempret maka yang terkenal sampai dengan saat ini lokasi tersebut dengan Air terjun Slempret karena air tersebut berada di lokasi daerah Slempret.

Sri Gethuk merupakan objek wisata terpadu yang meliputi Goa Rancang Kencana, Air Terjun Sri Gethuk, situs purbakala, dan pemacingan, bumi perkemahan dalam satu area di Dusun Menggoran, Desa Bleberan yang dikelola sepenuhnya oleh pemuda-pmuda desa setempat. Untuk measuk ke objek wisata Air Terjun Sri Gethuk, harga tiketnya Rp 3.000,- sedangkan tarif sewa perahu Rp5.000,- per orang. Apabila ingin bermain air di sungai, anda dapat sewa ban untuk berenang dengan tarif Rp2.000,- (yudawicaksanaputra)

Tulis Komentar

BAGIKAN
Artikel SebelumnyaKebun Buah Mangunan
Artikel BerikutnyaLayanan SMS Broadcast ID
Redaksi
Kotajogja.com merupakan situs yang berisi berbagai informasi dan seluk beluk Yogyakarta. Hadir sejak 2011, kini kotajogja.com memberikan tampilan dan isi yang lebih fresh.