KOTAJOGJA.COM – Kuliner bakmi dengan cita rasa yang lezat dan mantap untuk disantap, tentunya sudah banyak kita temui di kota Yogyakarta, salah satunya Bakmi Pak Rebo Kintelan. Keberadaan warung ini sangat mudah kita temui karena terletak di pusat kota Yogyakarta. Beralamatkan di Jl. Brigjend Katamso, Jogja atau tepatnya selatan Purawisata. Penambahan nama Kintelan di belakang kata Pak Rebo karena lokasi warung ini berada di Kampung Kintelan.

CIta rasa yang lezat dan enak membuat warung ini selalu di penuhi para pembeli yang rela antri untuk menikmati menu dari daratan Tiongkok. Menggunakan dua anglo untuk memasak membuat para pembeli antri dan menunggu cukup lama. Namun hal ini tidak menghalangi saya untuk menikmati salah satu sentra kuliner bakmi legendaris di kota Gudeg ini.

Proses Memasak Bakmi Pak Rebo
Proses Memasak Bakmi Pak Rebo

Sesampainya di sana, saya langsung pesan bakmi nyemek atau bakmi goreng yang digoreng dengan sedikit kuah sehingga tidak begitu kentara seperti bakmi goreng lainnya. Bagi saya, bakmi ini terbilang gurih dan istimewa. Kenapa menjadi istimewa? Karena penggunaan telur bebek mampu memberikan sensasi gurih yang berbeda dari bakmi goreng biasanya.

Selama menunggu pesanan, saya sempatkan ngobrol dengan Mas Baskoro, salah satu pengunjung yang membawa ibu mertua, beserta istri dan ketiga anaknya. Menurut pria yang bekerja di pengeboran minyak di Balikpapan ini, sengaja memboyong keluarganya di tanah kelahirannya untuk liburan akhir tahun serta mengajak bernostalgia merasakan bakmi favoritnya.

Seporsi Bakmi Pak Rebo dan Jeruk Hangat
Seporsi Bakmi Pak Rebo dan Jeruk Hangat

“Saya sudah beberapa kali ditagih ibu Mertua saya untuk mengajak beliau makan bareng bersama anak istri saya. Alhamdulillah akhir tahun ini bisa merasakan menu favorit saya dengan ibu mertua. Benar-benar kebahagiaan yang besar. Semoga tahun depan bisa kembali disini,” ungkap pria asli Kumendaman Yogyakarta.

Setelah menghabiskan satu porsi Bakmi Nyemek, saya tidak langsung pulang sembari menghabiskan satu gelas jeruk hangat dan bertanya mengenai keberadaan warung Bakmi Pak Rebo.

Menurut Mas Sabar, salah satu cucu beliau, eksistensi Bakmi Pak Rebo sudah beroperasi sejak tahun 1960an. Bakmi Nyemek menjadi menu andalan dari warung ini, cita rasanya pun melegenda hingga menjadi salah satu menu andalan warung ini. Dan selain menyajikan bakmi, warung ini menyajikan wedang uwuh, minuman khas Jogja yang berbahan dasar Secang, Sere, Jahe, dan beberapa bahan lainnya. Rasanya begitu menghangatkan badan. Sangat pas untuk teman santapan malam. (aanardian/kotajogja.com)

Lokasi: Jl. Brigjend Katamso No 10. (Selatan SDN Kintelan)

SHARE
Previous articleJadah Tempe Mbah Carik
Next articleAyam Goreng Mbok Sabar
Redaksi
Kotajogja.com merupakan situs yang berisi berbagai informasi dan seluk beluk Yogyakarta. Hadir sejak 2011, kini kotajogja.com memberikan tampilan dan isi yang lebih fresh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY