KOTAJOGJA.COM – Soto Pak Sholeh Al Barokah yang lebih dikenal dengan nama “Soto Sholeh”¬† ini sudah menjadi langganan para pejabat dan artis-artis ibu kota yang sedang berkunjung ke Yogyakarta. Misalnya saja Amin Rais, Alm. Gusdur, M.Nuh, Guruh Soekarno Putra, dan yang belum lama ini berkunjung yakni Ahmad Dhani dan Mulan Jameela. Soto yang dirintis oleh HM. Sholeh ini, kini telah menjadi usaha turun temurun. Resep racikan bapak 12 orang anak ini mampu menggoyang lidah para pelangan sotonya. Menu utama yang disajikan yakni soto sapi. Soto khas Yogyakarta yang didalamnya ada bihun, kecambah, kol, wortel, daun bawang, daging sapi, bawang goreng yang menambah gurihnya soto, dan dilengkapi dengan siraman kuah dihargai 10 ribu rupiah.

Seporsi Soto dan Es Teh

Selain soto, diwarung ini juga menyediakan sop sapi. Terdiri atas kuah yang bening, taoge, kubis yang sudah direbus, bawang goreng, seledri, dan daging sapi bertulang lunak. Untuk satu mangkuk sup sapi lezat ini, dihargai 22 ribu rupiah. Sebagai pelengkap ada berbagai pilihan lauk yang disediakan, antara lain daging sapi yang dipotong-potong, gorengan tahu, tempe, dan kerupuk. Menu minuman yang ditawarkan ada es teh dan es jeruk.

Lokasi Soto Pak Sholeh Al Barokah

Warung soto ini terletak di jalan Wirataman nomor 84, Tegal Rejo, Yogyakarta. Awal merintis usahanya tahun 1950, Sholeh menjajakan sotonya dengan cara berkeliling kampung dan mangkal di Alun-alun. Kemudian pada tahun 1970 Sholeh menyewa kios di Purwadiningratan. Akhir tahun 1982, warung sotonya pindah di Jalan Wirataman hingga sekarang. Keberhasilan usahanya  membuahkan hasil, kini warung sotonya memiliki beberapa cabang, diantaranya di depan Monumen Jogja Kembali, Jalan Magelang, Kridosono, Jalan Adisucipto, Jalan Kaliurang KM. 9,5 , dan Jalan Wates.

Pengunjung Soto Pak Sholeh Al Barokah
Pengunjung Soto Pak Sholeh Al Barokah

Warung soto yang dirintis pria kelahiran 1929 ini buka dari jam 6 pagi sampai 3 sore. Kapasitas pengunjung yang bisa ditampung diwarung ini mencapai 75 orang lebih. Area parkir disini juga cukup luas dan tertata.

JIka anda berkunjung ke Jogja, jangan lupa cicipi “Soto Sholeh”, soto dan sop sapi lezat ini bisa menjadi pilihan sarapan atau makan siang anda. Selamat mencoba. (Ani Latifa/ kotajogja.com)

Lokasi: Jl. Wiratama no. 84, Tegal Rejo, Yogyakarta

Telepon: (0274) 560584 / (0274)622680

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY