Pantai Sepanjang sesuai dengan namanya memiliki garis pantai yang terpanjang di antara pantai-pantai di daerah Gunungkidul. Hamparan luas pasir putih yang memanjang dari sisi barat ke timur yang di batasi dengan perbukitan batu karang  yang kokoh tegak berdiri. Pantai yang segaris dengan Sundak – Kukup – Baron ini menawarkan keindahan Kuta Tempo Doeloe. Semoga keasliannya terjaga dan tidak menjadi eksploitasi untuk kepentingan sesaat.

Masuk di area pantai Sepanjang, kita akan disambut dengan suara deburan ombak yang terus bernyanyi dengan ditingkahi suara angin pantai yang besar. Panasnya matahari tidak sebanding dengan keindahan batu-batu karang yang berada di bawah air serta bukit-bukit penjaga yang setia sepanang masa terhadap keindahan pasir putih pantai ini.
Keindahan pantai ini tersibak ketika air laut surut, dengan bermunculnya ceruk-ceruk batu diantara belantara batu karang membentuk habitat aneka biota laut. Penduduk sekitar juga memanfaatkan air laut surut untuk mengambil beberapa rumput laut untuk dijadikan konsumsi pribadi maupun dijual setelah menjadi produk olahan.

Layaknya bunga mawar, keindahan dan kecantikan Pantai Sepanjang memiliki “senjata rahasia” yang menjebak para pengunjung yang terlalu asyik bermain ketengah pantai ketika laut surut, karena karena di pantai Sepanjang terdapat ceruk yang dapat menjadi jebakan bagi mereka. Kunjungan ke Pantai Sepanjang akan ditutup dengan merekahnya senja di ufuk barat, ketika sang surya perlahan bersembunyi di balik kanan, memancarkan bias warna yang menakjubkan. (konten: aan ardian/kotajogja.com)

SHARE
Previous articlePantai Sadeng
Next articlePantai Watu Kodok
Redaksi
Kotajogja.com merupakan situs yang berisi berbagai informasi dan seluk beluk Yogyakarta. Hadir sejak 2011, kini kotajogja.com memberikan tampilan dan isi yang lebih fresh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY