KOTAJOGJA.COM – Kawasan pantai yang indah dengan melalui medan yang naik turun disertai dengan tikungan tajam disertai perbukitan kapur yang menemani dalam perjalanan. Pantai Siung secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul termasuk wilayah terpencil. Radius 70 km dari Kota Yogyakarta.

Jalur yang ditempuh melalui rute Yogyakarta-Wonosari berlanjut ke Wonosari-Baron dan Baron-Tepus adalah jalur utama yang paling mudah dilalui, jalan telah diaspal mulus dan sempurna. Untuk jalur lain yaitu Yogyakarta-Imogiri-Gunung Kidul lebih menantang karena banyak jalan yang berlubang.
Batu karang yang terdapat di sebalah barat dan timur pantai tidak hanya sebagai pembatas dengan pantai yang lain. Karang-karang raksasa menjadi daya tarik yang utama dari kawasan Pantai Siung ini dan menjadi dasar penamaan pantai serta menjadi saksi kejayaan wilayah pantai di masa silam. Menurut warga setempat terdapat salah satu bukit karang yang menyerupai bentuk gigi kera atau Siung Wanara. Batu karang ini memiliki pemandangan yang sangat dramatis, perpaduan ombak besar yang menerpanya hingga setiap celahnya disusuri oleh air laut yang mengalir perlahan.

Pantai Siung menjadi surga bagi para pemanjat tebing, sebanyak 250 jalur pemanjatan telah tersedia dan kemungkinan bisa ditambah. Banyak kelompok pemanjat tebing telah menggunakan jalur di pantai ini untuk mengasah kemampuannya. Saat malam atau kala sepi pengunjung, sekelompok kera ekor panjang akan turun dari puncak tebing karang menuju pantai. Kera ekor panjang yang kini makin langka masih banyak dijumpai di pantai ini. Keberadaan kera ekor panjang ini mungkin juga menjadi salah satu alasan mengapa batu karang yang menjadi dasar penamaan dipadankan bentuknya dengan gigi kera, bukan jenis hewan lainnya. (konten: aan ardian/kotajogja.com)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY