Plunyon Kalikuning Legenda Jogja Yang Hilang

1790

Sekitar 15 tahun yang lalu ada obyek wisata yang sangat terkenal di Jogja yaitu Kalikuning. Obyek wisata ini terkenal sebagai obyek wisata lereng Merapi selain Kaliurang. Kali kuning memiliki panorama yang indah yang terdapat sungai yang jernih, udara yang dingin dan sejuk, serta rindang dipenuhi pepohonan cemara dan pinus yang menjulang tinggi.

Dam dengan saf-saf yang dialiri air yang jernih
Dam dengan saf-saf yang dialiri air yang jernih

Kalikuning juga dijadikan tempat untuk berkemah, outbound dan tempat bersantai. Selain itu juga terkenal juga sebagai tempat pacaran. Sangat menyenangkan sekali ketika kita berjalan menyusuri sungai yang ternyata tembus di Kaliadem. Kaliade m terkenal dengan tempat tinggal mbah Marijan.

Sumber mata air dari Kali kuning adalah Umbul Wadon. Kali kuning masuk ke kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Sungai Kali Kuning
Sungai Kali Kuning

Namun pada tahun 2006 tempat ini hancur terkena awan panas dan lahar dingin Merapi. Berlanjut dengan erupsi tahun 2010 yang juga menghancurkan Kaliadem tempat tinggal Mbah Marijan. Hutan cemara dan pinus yang hijau tak bersisa, bahkan sungai Kali Kuning pun hilang tertutup lahar.

Saat ini sisa-sisa keindahan Kalikuning bangkit kembali. Sekarang terkenal dengan nama Plunyon. Di Plunyon kita akan dimanjakan keindahan alam yang mulai menghijau. Tempat ini terdapat dam bertingkat yang sangat indah dihiasi dengan gemricik air yang mengalir. Pohon pinus sudah mulai tumbuh dan menghijau.

Ketika mau menuju sungai kita akan melewati jembatan yang tinggi berdiri meskipun sudah mulai terlihat rusak. Namun itu menjadikan keunikan tersendiri. Tempat ini pun juga mulai ramai dikunjungi wisatawan. Memang banyak belum tahu tempat ini. Padahal tempat ini hanya 1 km dibawahnya Kaliadem.

Jembatan Kali Kuning
Jembatan Kali Kuning

Saya dan rekan goweser menjadikan Plunyon sebagai salah satu destinasi ketika gowes ke arah utara. Kita bisa mampir dulu di Warung Ijo Pakem selanjutnya naik ke Plunyon yang berjarak kurang lebih 7km dari Pakem. Jika kita ingin naik ke Kaliadem cukup dekat namun dengan sedikit tanjakan.

Jika main di Plunyon ini jangan dilewatkan untuk menikmati segarnya air pegunungan.  Saya sering melihat jeep Merapi Lava Tour mampir di tempat ini. Semoga Plunyon kembali melegenda seperti Legenda Kali Kuning dahulu.

Selamat berkunjung ke wisata Merapi, Sleman. Salam Gowes!

Tulis Komentar

loading...